Proses Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Kelas XI di SMA Negeri pada Era New Normal Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.52667Keywords:
PJOK, Pembelajaran, New Normal, Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran PJOK di kelas XI SMA N 2 Amlapura pada era new normal. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 2 Amlapura, dimana yang menjadi sasaran dalam penelitian ini yaitu tertuju kepada peserta didik kelas XI, dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada pada kelas XI yang berjumlah 123 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, dan pengisian kuisioner dari peserta didik yang diakses melalui link google form. Pendekatan survei bertujuan untuk memperoleh data gambaran umum tentang populasi. Jenis survei yang digunakan dalam penelitian ini merupakan survei deskriptif. Penggunaan jenis survei ini juga bertujuan untuk menghimpun data Pelaksanaan Pembelajaran PJOK terhadap proses pembelajaran PJOK pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Amlapura Pada Era New Normal COVID-19. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebanyak 51 peserta didik atau sebesar 41% memiliki hasil proses belajar yang sangat baik, 47 peserta didik yang nemiliki hasil prose belajar baik sebesar 38,2%, 19 orang memiliki hasil proses belajar yang cukup baik dengan persentase 15.4, %, dan 6 orang peserta didik memiliki hasil proses belajar yang kurang dengan persentase 4.9% dan tidak ada peserta didik yang nilainya berkategori tidak baik dengan jumlah persentase adalah 0 %. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Proses Pelaksanaan Pembelajaran PJOK pada era New Normal COVID-19 di SMA Negeri 2 Amlapura tahun pelajaran 2021/2022 yang dilaksanakan secara daring dan luring (blended learning) termasuk dalam kategori sangat baik sesuai dengan standar proses pelaksanaan pembelajaran.
References
Basuki, S. (2017). Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659
Budiarti, I. S., Winarti, & Viyanti. (2022). Designing Physics Learning Based on Local Potential During New Normal Era. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(1), 20–29. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i1.45. DOI: https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i1.53
Dupri, D., Candra, O., Candra, A., & Suryani, D. A. (2020). The Implementation of Problem Based Learning Model in Improving Cooperation and Learning Outcomes in Physical Education. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.22531. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.22531
Grunt, E. V., Belyaeva, E. A., & Lissitsa, S. (2020). Distance education during the pandemic: New challenges to Russian higher education. Perspektivy Nauki i Obrazovania. https://doi.org/10.32744/pse.2020.5.3 DOI: https://doi.org/10.32744/pse.2020.5.3
Haryanto, T. S., Dwiyogo, W. D., & Sulistyorini. (2015). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif Di Smp Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 123–128. https://doi.org/10.17977/pj.v25i1.4908.
Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.
Komarudin, & Subekti, B. H. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pjok Daring Level of Student Satisfaction Towards Characteristic Learning. Jambura Health and Sport Journal, 3(1), 16–23. DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v3i1.9847
Kurniawan, S., Sugihartono, T., Yarmani, & Defliyanto. (2018). Kontribusi Kelentukan Pinggang dan Power Otot Lengan pada Keterampilan Stutz Senam Lantai. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 247–257. https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8748. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8748
Lampong Klomkul, P. (2021). Technological Innovation for Online Learning during the Situation of COVID-19 Pandemic in Thailand. Psychology and Education Journal. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.949. DOI: https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.949
Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 265–270. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194
Maulana, A. V., & Winarno, M. E. (2021). Pembelajaran PJOK Online Siswa Kelas IX SMPN 3 Malang Semester Gasal 2020/2021. Sport Science and Health, 3(8), 622–629. https://doi.org/10.17977/um062v3i82021p622-629. DOI: https://doi.org/10.17977/um062v3i82021p622-629
Mpungose, C. B. (2021). Lecturers’ reflections on use of Zoom video conferencing technology for e-learning at a South African university in the context of coronavirus. African Identities. https://doi.org/10.1080/14725843.2021.1902268. DOI: https://doi.org/10.1080/14725843.2021.1902268
Mulyana, N. (2017). Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Penjas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6399. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6399
Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126–150. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.119. DOI: https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.119
Nugraha, B., Dimyati, A., & Gustiawati, R. (2021). Minat Belajar Siswa Dalam Mempraktekkan Pembelajaran Penjas di Rumah Pada Masa Covid-19. Journal Coaching Education Sports, 2(1). https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446
Nur, L., & Malik, A. A. (2021). Basketball Skill Achievements: Comparison between Technical Approach and Tactical Approach based on Physical Fitness Level. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v6i1.31610. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v6i1.31610
Nurhayati, N., Angkarini, T., & Tanamal, N. A. (2021). Students’ perception of teachers’ creativity in implementing home learning at SMK Duta Mas. Scope : Journal of English Language Teaching, 5(2), 90. https://doi.org/10.30998/scope.v5i2.8655. DOI: https://doi.org/10.30998/scope.v5i2.8655
Prasetyo, H., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2019). The Development of Android-Based Mobile Learning Media in Healthy Lifestyle Teaching Materials for Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(2). https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i2.656. DOI: https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i2.656
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081. DOI: https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Rhim, H. C., & Han, H. (2020). Teaching online: foundational concepts of online learning and practical guidelines. Korean Journal of Medical Education, 32(3), 175–183. https://doi.org/10.3946/kjme.2020.171. DOI: https://doi.org/10.3946/kjme.2020.171
Sabaruddin Yunis Bangun., dkk. (2021). New Normal Pendidikan Jasmani. In Perdana Publishing (Number 2). https://doi.org/10.1080/0449010x.2015.1051708. DOI: https://doi.org/10.1080/0449010X.2015.1051708
Sari, I. P., & Purnama, T. (2014). Tingkat Pengetahuan Tentang Pentingnya Mengkonsumsi Air Mineral Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Keputran A Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpji.v10i2.5701.
Sia, J. K. M., & Abbas Adamu, A. (2020). Facing the unknown: pandemic and higher education in Malaysia. Asian Education and Development Studies. https://doi.org/10.1108/AEDS-05-2020-0114. DOI: https://doi.org/10.1108/AEDS-05-2020-0114
Simbolon, M. E. M., Rakhman, A., & Nurhalimah. (2021). Dampak Pandemic Covid-19 Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Sekolah Dasar Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 2(1), 74–83.
Sucipto, S. (2020). The Implementation of Tactical Approach in Developing Football Games Performance and Understanding of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.23393. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.23393
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. IKAPI.
Suprayogie, D. R., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Mutu Belajar Dengan Mutu Proses Belajar Mengajar Sebagai Variabel Intervening Mata Kuliah Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 24–35. https://doi.org/10.36232/PENDIDIKAN.V9I2.889. DOI: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.889
Wahyudi, Rahmat, Z., & Irfandi. (2020). Persepsi Orang Tua Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di SD Negeri 2 Neuhun Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). DOI: https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.587
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Yuliastrid, D., Jatmiko, T., Hafidz, A., Suroto, S., & Mutohir, T. C. (2022). Analysis of Physical Education, Sports and Health teacher Strategies in Learning FMS During the Covid Pandemic 19. Jp.jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 5(2), 282–298. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i2.1842. DOI: https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i2.1842
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Nengah Dwi Mahendra Jaya Mahendra Jaya, I. P. Panca Adi, I. G. Suwiwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)