Minat Peserta Didik terhadap Ekstrakurikuler Sepak Bola di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Suderman Zai universitas pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.56188

Keywords:

Minat, Peserta Didik, Sepak Bola, Ekstrakulikuler

Abstract

Sepak bola sebagai permainan yang melibatkan orang lain, didalamnya ada hal-hal yang menjadi kesepakatan bersama. Hal ini menyebabkan aktifitas ekstrakurikuler tidak berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat peserta didik terhadap ekstrakurikuler sepak bola di kelas VIII SMP. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP sebanyak 11 kelas. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 165 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner atau angket untuk mencari data persentase pelaksanaan Ekstrakurikuler sepak bola. Hasil penelitian menunjukan minat peserta didik terhadap ekstrakurikuler sepak bola pada kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 70 peserta didik (42,42%), berada pada kategori tinggi sebanyak 35 peserta didik (21,21%), berada pada kategori sedang sebanyak 35 peserta didik (21,21%), berada pada kategori rendah sebanyak 20 peserta didik (12,12%), dan berada pada kategori sangat rendah sebanyak 5 peserta didik (3,03%). Dapat disimpulkan bahwa minat peserta didik menunjukkan hasil dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 61,39%. Implikasi penelitian diharapkan semakin melengkapi saran dan prasarana agar perkembangan dan juga minat peserta didik terhadap esktrakulikuler Sepak Bola semakin meningkat.

References

Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Asmi, A., Neldi, H., & FIK-UNP, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah. Jurnal MensSana, 3(1), 33. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64. DOI: https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64

Aspa, A. P. (2020). Pengaruh Daya Tahan Dan Kecepatan, Terhadap Kinerja Wasit Sepak Bola C1 Nasional PSSI Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 116–122. https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i2.1044. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i2.1044

Atiq, A., & Selamet Budiyanto, K. (2020). Analisis Latihan Keterampilan Teknik Dasar Sepak Bola Untuk Atlet Pemula. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1482. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1482

Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913. DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913

Gani, A., Ismaya, B., & Dimyati, A. (2022). Focus and Scope (Fokus dan Ruang Lingkup) Section Policies(Kebijakan Bagian) Peer Review Process (Proses Peer Review) Issue Frequency (Frekuensi Penerbitan) Kebijakan Akses Terbuka (Open Acces Policy) Archive (Pengarsipan) Publications Ethics (Etika Publi. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 47–54. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5293. DOI: https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5293

Hudain, M. A., & Ishak, M. (2020). Kontribusi Kecepatan Reaksi Tangan Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kecepatan Pukulan Gyaku Tsuki Chudan. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 4(1), 46. https://doi.org/10.26858/sportive.v4i1.17175. DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v4i1.17175

Kevin, M., Iyakrus, I., & Victorian, A. R. (2023). Survei Minat Siswa Terhadap Sepak Bola Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Sriwijajaya Journal Of Sport, 2(2), 105 – 112. https://doi.org/10.55379/sjs.v2i2.695. DOI: https://doi.org/10.55379/sjs.v2i2.695

Khoiruddin, M. (2019). Analisis Sikap dan Minat Peserta Didik Belajar di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Metafora: Education, Social Sciences and Humanities Journal, 3(1), 36. https://doi.org/10.26740/metafora.v3n1.p35-44. DOI: https://doi.org/10.26740/metafora.v3n1.p35-44

Kiabeni, Y. Y., Kanca, I. N., & Artanayasa, I. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Mimbar Ilmu, 26(2), 260–267. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626

Kurnia, A., Syafei, M., & Purbangkara, T. (2021). Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler Sepakbola di SMPN 2 Purwadadi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 206–211. https://doi.org/10.5281/zenodo.5513484.

Lestari, L. K. G. A. D., Parwata, I. G. L. A., & Dartini, N. P. D. S. (2020). Keterserdiaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pjok Tingkat Smp Se-Kecamatan Pupuan. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 124–132. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33767. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33767

Muhibbudin, M., Qomar, M., & Aziz, A. (2022). Implementasi Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa. Edusainteks, 9(2). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.512. DOI: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.512

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603

Pasek Wiguna, I. N. T., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34857. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34857

Pratama, D.Y., Dan Wisnu, H. (2019). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SD Negeri Se-Gugus 1 Di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7 (3).

Rivaldi, M. A., Nurudin, A. A., & Nugraheni, W. (2022). Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri Se-Kota Sukabumi. Jurnal Education FKIP UNMA, 8(2), 498 – 504. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1963. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1963

Setiawati, E., & Hadiana, O. (2016). Pengaruh Latihan Leg Press Terhadap Peninngkatan Power Otot Tungkai Pada Atlet Pencak Silat. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 39 – 45. https://doi.org/10.33222/juara.v1i1.53. DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v1i1.53

Sunarti, Sukadari, & Antini, S. (2020). Pengimplementasian Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Tari Nawung Sekar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 26–42. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27694. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27694

Wani, B., & Wea, Y. M. (2022). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Citra Bakti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10876–10882. DOI: https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234

Wijaya, kadek ari, Budaya Astra, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2022). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Zai, S. (2023). Minat Peserta Didik terhadap Ekstrakurikuler Sepak Bola di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 102–107. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.56188

Issue

Section

Articles