Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Cungkil dalam Permaianan Sepak Takraw

Authors

  • Kadek Andra Yuga Wigraha Pratama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Peby Gunarto Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.57974

Keywords:

Video Tutorial, Sepak Cungkil, ADDIE

Abstract

Minimnya media berupa video dalam perkuliahan berpengaruh terhadap pemahaman siswa terhadap teknik dasar permainan sepak takraw. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar sepak cungkil dalam sempak cungkil dalam permainan sepak takraw pada mahasiswa prodi penjaskesrek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pengembangan media video pembelajaran yang dilakukan oleh (a) ahli isi pembelajaran berada pada kategori  sangat baik dengan persentase 95%, (b) ahli desain pembelajaran pada kategori sangat baik dengan persentase 98%, (c) ahli media pembelajaran pada kategori sangat baik dengan persentase 96,36%,  (d) ahli praktisi lapangan pada kategori sangat baik dengan presentase 94%, (e) uji perorangan pada kategori sangat baik dengan persentase 98%, (f) uji coba kelompok kecil pada kategori sangat baik dengan persentase 91,11%, dan (g) uji coba kelompok besar pada kategori sangat baik dengan persentase 91,52%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video tutorial media pembelajaran ini sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884.

Ariyani, N. K. A., & Ganing, N. N. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 263. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74–84. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950.

Daryanti, & Taufina. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Dwi agus setiawan, & Nur Kumala, F. (2020). Multimedia Interaktif Tipe Adobe Flash CS6 Berbasis Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 32–49. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358.

Ekayani, N. W., Antara, P. A., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 163–172. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19386.

Erni, E., & Farihah, F. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahit Dalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 121–131. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397.

Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338.

Haka, N. B., Majid, E., & Pahrudin, A. (2021). Pengembangan e-modul android berbasis metakognisi sebagai media pembelajaran biologi kelas XII SMA/MA. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2155.

Hardianto, W., & Makrifah, I. A. (2021). Pengembangan Video Tutorial Teknik Serangan Pencak Silat Menggunakan Pacing Pad untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Patria Educational Journal, 1(1). https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.63.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Huda, Irkham Abdaul, 1(2), 143–149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.

Kartika, I. A. N. A. Y., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Pointing dalam Permainan Petanque. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(2), 74–83. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45030.

Liow, I., Palilingan, V. R., & Komansilan, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. EduTIK Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 147–151. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3418.

Mapicayanti, D., Jamaludin, J., & Fathoni, A. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mendesain Jaringan Lokal/LAN Kelas X TKJ. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2). https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.913.

Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Jejak.

Nuzalifa, Y. U., Hastuti, U. S., & Sueb, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Penyuluhan tentang Pembuatan Nata de Melon bagi Masyarakat Petani. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12082.

Pujawan, K. A. H. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Design Grafis) Di Politeknik Ganesha Guru. JET: Journal of Education Technology, 2(1). https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810.

Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Riki, Purnomo, E., & Perdana, R. P. (2022). Pengembangan Media Video Tutorial Gerakan Seni Tunggal Tangan Kosong Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(6). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55867.

Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 137. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363.

Rofifah, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Pserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 232–243. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1789.

Saputri, K. A. L., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar Lempar Petanque. Mimbar Ilmu Undiksha, 27(2), 254–261. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.37893.

Semarayasa, I. K., & Gunarto, P. (2023). Video tutorial-based learning media: A solution to assist students in learning sepaksila sepaktakraw skills. Journal Sport Area, 8(1). https://doi.org/10.25299/sportarea.2023.vol8(1).10852.

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Ula, R., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Komik Pada Pembelajaran Garis Dan Sudut Di Smp Negeri 7 Surabaya. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1292.

Ulum, M., Asra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Shooting Petanque pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45028.

Wijirahayu, S., & Syarif, M. S. (2019). Pengembangan Multimedia Integratif Bahasa Inggris untuk Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal SOLMA, 8(2), 317. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3093.

Yono, Y. S., M, S. Y., & Nurhayati, N. (2021). Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 55. https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.17865.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Pratama, K. A. Y. W. ., & Gunarto, P. . (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Cungkil dalam Permaianan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 198–204. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.57974

Issue

Section

Articles