Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Bola dengan Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Information and Communication Technology

Authors

  • Junio Pradika Arya Putra G Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.58274

Keywords:

problem-based learning, information and communication technology, problem based learning, information and communication technology, teknik dasar sepak bola

Abstract

Supaya dapat bermain sepak bola dengan baik dibutuhkan beberapa gerakan dasar yang dilakukan agar menjadi menarik. Dengan mempelajari dan berlatih sepak bola, peserta didik dapat mengembangkan sikap jujur, kerjasama, dan semangat. Rendahnya pemahaman siswa terhadap teknik permainan sepak bola berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan model problem-based learning berbasis information and communication technology dalam meningkatkan hasil belajar teknik dasar sepak bola pada peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas dengan subjek penelitiannya seluruh peserta didik kelas VIIB yang berjumlah 32 peserta didik dan objek penelitian ini yaitu upaya meningkatkan hasil belajar teknik dasar sepak bola. Hasil penelitian menjunjukan pada tahap pra-siklus keberhasilaan peserta didik hanya 68,7% yang tuntas atau 22 dari 32 dengan rata-rata nilai 74,9. Pada pelaksanaan siklus I, terdapat peningkatan keberhasilan peserta didik sebesar 78,1% atau 25 peserta didik dengan rata-rata nilai 76,1. Pelaksanaan tindakan siklus II juga mendapat peningkatan keberhasilan menjadi 100% peserta didik memenuhi kriteria ketuntasan minimum dengan rata-rata nilai 83,3. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar sepak bola pada peserta didik kelas VII SMP.

References

Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran ISD di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10.

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702.

Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538.

Anggitasari, E. D., Dieny, F. F., & Candra, A. (2019). Hubungan somatotype dengan kesegaran jasmani atlet sepak bola. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 11–22. https://doi.org/10.21831/jk.v7i1.21188 diakses tgl 12 Maret 2021.

Aprianova, F., & Hariadi, I. (2016). Metode Drill Untuk Meningkatkan Teknik Dasar Menggiring Bola ( Dribbling ) Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Sekolah Sepakbola Putra Zodiac Kabupaten Bojonegoro Usia 13-15 Tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 1(1), 63–74.

Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292.

Arimbawa, I. G. A. A., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2), 1–9.

Birriy, A. F., Indahwati, N., & Nurhasan. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Permainan Bocce Berbasis PBL Bagi Down Syndrome Untuk Mengajarkan Keterampilan Motorik Dan Berinteraksi Sosial. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2). https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p94-103.

Hasyim, M. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Statistika Berbasis ICT dengan Model Blended Project Based Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.339.

Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani , Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.14784.

Irvan, Basit, L., Maulana, H., Nasution, M. R., & Wahyudi, R. (2021). Google Workspace for Education untuk Pebelajaran Berbasis ICT di Sekolah Muhammadiyah Kota Binjai. Jurnal ProdikmaS, 6(2), 157–162. https://doi.org/10.30596/jp.v6i2.8549.

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959.

Lestari, L. K. G. A. D., Parwata, I. G. L. A., Sucita, N. P. D., & Dartini. (2020). Keterserdiaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pjok Tingkat Smp Se-Kecamatan Pupuan. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 124–132.

Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704.

Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515.

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2017). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal PETIK, 3(1), 28–32. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355.

Neviantoko, G. Y., Mintarto, E., & Wiriawan, O. (2020). Pengaruh Latihan Fivecone Snake Drill, V-Drill Dan Lateral Two In The Hole,In Out huffle Terhadap Kelincahan Dan Kecepatan. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9039.g6746.

Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.

Nurrohim, N. (2020). Analisis Kepuasan Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara 2020. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 1(1), 133–146. https://doi.org/10.53869/jpas.v1i1.26.

Okilanda, A., & Yendrizal. (2022). ICT-Project-Based Learning on Cognitive and Psychomotor in Football Courses Learning Achievement. Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(2). https://doi.org/10.31851/hon.v5i2.11614.

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: meta-analisis. IJED: Indonesian Journal of Educational Development, 2(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275.

Syawaluddin, F. A., Yana, R. F., Siagian, T. N., & Watrianthos, R. (2020). Efektifitas Media ICT dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X SMK Swasta Siti Banun Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu. Pena Cendikia, 3(1). Retrieved from https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/pena/article/view/143.

Tullah, M. I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola. Indonesian Gendet and Society Journal, 2(2), 45–51. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.39709.

Wahyuni, I., Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152.

Winarni, E. W. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Program Pengurangan Risiko Bencana Terintegrasi Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis ICT Bagi Siswa Kelas IV SD IT IQRA’ 1 di Kota Bengkulu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2). https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.2626.

Wiraguna, I. N., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2020). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pjok Peserta Didik Sma Di Kecamatan Bangli Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 185–194. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30672.

Wirayasa, I. D. G. P. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4d Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760.

Zaeriyah, S. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Tik-Tok. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.458.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Putra G, J. P. A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Bola dengan Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Information and Communication Technology. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 190–197. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.58274

Issue

Section

Articles