Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bola Besar Pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.59321Keywords:
Project-Based Learning, Hasil Belajar, Bola BesarAbstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang sudah dilakukan, dalam pembelajaran teknik dasar passing dalam permainan bola besar dan bola basket masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola besar (bola voli dan bola basket) pada peserta didik melalui implementasi model Project Based Learning. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan alur rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dari hasil belajar peserta didik menggunakan sistem pembelajaran Project Based Learning siklus I diperoleh pada materi Bola Voli dari hasil 62,2% menjadi 86,4% pada aspek pengetahuan dan 54,1% menjadi 83,8% pada aspek keterampilan, begitu juga pada siklus II pada materi Bola Basket dari hasil 62,2% menjadi 89,2% pada aspek pengetahuan dan 55,5% menjajdi 86,5% pada aspek keterampilan. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan rumus rata-rata yaitu pada aspek pengetahuan mencapai hasil 87,8% dan pada aspek keterampilan mencapai angka 85,15%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project-based learning dapat meningkatkan hasil belajar bola besar pada peserta didik. Begitu juga disarankan kepada guru PJOK dapat menggunakan model pembelajaran project-based learning (PjBL) karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dalam aspek pengetahuan begitu juga keterampilan.
References
Andika, I. P. H. W., Yoda, I. K., & Dharmadi, M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 91–103. https://doi.org/10.5281/zenodo.4423396.
Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Journal Of Education, 1(1), 22–29. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/96.
Aryaningtyas, D. R., Faruq, M. M., & Rosmi, Y. F. (2022). Pengaruh Modifikasi Pembelajaran Menggunakan Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Sidomukti III Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 18–26. https://doi.org/10.36379/corner.v2i2.230.
Ashoumi, H. (2018). Urgensitas Aspek Kepribadian Bagi Guru PAI. Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 12(1), 171–186. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/lisanalhal/article/view/147.
Azis, S. (2017). Pentingnya Pendidikan Agama Islam bagi Orang Tua dalam Mendidik Anak. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 12–28. https://doi.org/10.55307/adzzikr.v2i2.30.
Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 287–292. https://doi.org/10.2827/jeim.v5i1.1359.
Djollong, A. F. (2017). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/274.
Eliza, F., Suriyadi, S., & Yanto, D. T. P. (2019). Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 57–66. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.427.
Fitriani, Y. (2014). Model Pembelajaran seni musik melalui lesson study: studi kasus di SDN Jawilan, Serang. Jurnal Seni Pertunjukan, 15(2), 126–138. https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.847.
Hamdayama, J. (2022). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.
Hangesti, E., Dewi, P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning ( PBL ) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1), 53–62.
Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. UPI Press.
Idaroyani, S. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Jigsaw Kelas VIII SMP N 24 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4), 123–126. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/399.
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94.
Irawati, I. (2020). Application of The Problem Based Learning (PBL) Learning Model Improves Students’ Cooperation Attitude. Social, Humanities, and Educational Studies, 3(3), 2209–2215. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57093.
Irham, M., Wiyani, N. A., & Ratri, R. K. (2013). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran (Cetakan 1). Ar-Ruzz Media.
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/112.
Khoiriyah, N., & Hidayat, A. Fadhilaturrahmi, F. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 5(2), 133–137. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2060.
Kiswanto, H. (2022). Tanggung Jawab Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Melaksanakan Profesinya Sebagai Pendidik. Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 199–210. https://doi.org/10.54170/harati.v2i2.122.
Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045.
Made, S. I. G., Putu, P. A. I., & Gede, S. I. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar (PJOK) Materi Permainan Bola Besar (Sepak Bola-Teknik Dasar Passing) pada Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.52232.
Maknun, A. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2). http/s://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/24288.
Manullang, J. G., Handayani, W., & Hermansah, B. (2022). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe STAND Terhadap Hasil Pembelajaran Kihon Kata Pada Mata Kuliah karate. Jurnal Penjaskesrek, 9(2), 16–24. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/1895.
Marbun, P. (2021). Disain Pembelajaran Online Pada Era dan Pasca COVID-19. Computer Science Research and Its Development Journal, 12(2), 129–142. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142.
Mariyam, S., Triwoelandari, R., & Nawawi, H. K. (2018). Pengaruh metode resitasi terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam (PAI) siswa kelas VII SMP Pembangunan Bogor. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(11), 1282–1296. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/438.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/129.
Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39–43. https://www.neliti.com/publications/181388/implementasi-model-project-based-learning-untuk-meningkatkan-kemampuan-komunikas.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335.
Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. UNY Press
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133.
Mylsidayu, A. (2022). Psikologi Olahraga. Bumi Aksara.
Nadhifa, E. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas Siswa Melalui Project Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 060924 Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 261–272. https://doi.org/10.32696/eduglobal.v2i2.2025.
Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59–75. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Al-masharif/article/view/721.
Oktaviani, N. A., & Wibowo, S. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri di Madiun. Jurnal Pendidikan Olaharaga Dan Kesehatan, 9(1), 7–18. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/37622.
Pratama, G. N., & Amiq, F. (2017). Pengembangan Model Variasi Permainan Bola Kecil Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas IV SD. Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 144–158. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3158.
Rohman, U. (2016). Tinjauan Alternatif Konsep Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Sekolah. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 12(22), 111–118. https://doi.org/10.36456/bp.vol12.no22.a622.
Safitri, D., & Sos, S. (2019). Menjadi Guru Profesional. PT. Indragiri.
Sahroni, B., & Sasmita, C. (2016). Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(3), 674–678. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/21255.
Saiyah, S. (2021). Implementasi Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Selama Pandemi Covid-19 Di Kelas Vii-1 SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(1), 26–34. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i1.24570.
Santoso, H., Riyanto, P., & Haris, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Taeching) Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 68–80. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/289.
Santoso, T. D. P. (2022). Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 Pada Materi Penguat Audio Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMKN 1 Adiwerna. Jurnal Pendidikan, 276–287. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.193.
Saputra, R. (2021). Motivasi Siswa Terhadap Permainan Kecil dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 1(1), 63–70. http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/semnaspenjas/article/view/188.
Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 105–114. http://www.methonomi.net/index.php/jm/article/view/127.
Setiawan, B., Apri Irianto, S. H., & Rusminati, S. H. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD. CV Pena Persada.
Setiyawan, S. (2017). Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1). http://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/543.
Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion dengan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.125.
Wahyu, R. (2016). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan kurikulum 2013. Jurnal Tecnoscienza, 1(1), 49–62. http://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/18.
Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88–98.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Made Bagus Putra Satya Bhayangkara Aryuda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)