Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Materi Permainan Bola Besar Menggunakan Google Classroom

Authors

  • I Putu Agus Candra Yasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.62447

Keywords:

problem based learning, teknik passing, bola voli, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran secara daring tentunya memerlukan berbagai media atau aplikasi dan beberapa alat elektronik seperti handphone atau laptop yang harus terhubung dengan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar PJOK pada materi teknik dasar passing bola voli, melalui implementasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) dengan menggunakan platform Google Classroom. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 30 peserta didik dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 15 orang dan peserta didik perempuan sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pengetahuan prasiklus nilai ketuntasan adalah 85,7% dan pada siklus I menjadi 89,3%. Pada aspek keterampilan prasiklus nilai ketuntasan adalah 60,7% dan pada siklus I menjadi 85,9%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Impelementasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi teknik dasar permainan bola voli passing atas dan passing bawah. Implementasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) berbasis blended learning pada mata pelajaran PJOK dinilai efektif. Untuk menciptakan kondisi belajar yang baik guru sebaiknya menyiapkan suatu model pembelajaran yang terkesan menarik dan menantang bagi peserta didik.

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19.

Apriliandra, S., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Diskriminatif Pada Perempuan Akibat Kuatnya Budaya Patriarki Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Konflik. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 1–13.

Asmani, J. M. M. (2015). Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD.

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.472.

Hidayatullah, M. F., & Kristiyanto, A. (2014). Model aktivitas belajar gerak berbasis permainan sebagai materi ajar pendidikan jasmani (Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar). Indonesian Journal of Sports Science, 1(1), 218350.

Kumala, R., & Junaidi, A. (2020). Strategi bisnis dan pemanfaatan kebijakan pajak di masa pandemi COVID-19 dan era New Normal (Studi kasus pelaku UKM marketplace). In Prosiding Seminar STIAMI, 98–103.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak COVID-19 Di SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 7–13.

Lativa, S. (2021). Analisis Kebijakan Fiskal Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkanperekonomian. Jurnal Ekonomi, 23(3), 161–175. https://doi.org/10.37721/je.v23i3.869.

Lestari, E. S. (2023). Peningkatan Belajar Keliling Lingkaran Melalui Model Problem Bassed Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VI A SD N Junrejo 01 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(3), 1491–1513.

Livana, P. H., Suwoso, R. H., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Bagi Perekonomian Masyarakat Desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.37287/ijnhs.v1i1.225.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Ijar, 1(2). https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21.

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.

Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195.

Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268.

Mustaghfirin, A., Soekardi, S., & Sukiyandari, L. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Pasing Bawah Bola Voli Permainan Berantai. Journal Of Education And Sport Science, 1(2).

Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 283–293. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006057.

Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344.

Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128.

Putra, I. M. W., Adi, I. P. P., & Wijaya, M. A. (2020). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34859.

Putra, M. W. P., & Kasmiarno, K. S. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia: Sektor Pendidikan, Ekonomi Dan Spiritual Keagamaan. Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 144–159. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.41.

Raditya, I. W. A. K., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Materi Teknik Dasar Passing Bola Voli Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 276–283. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.40619.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas sebagai sarana alternatif penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10–19. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405.

Rifqi, H. (2022). Covid 19 dan Dampaknya Terhadap Sektor Perbankan Syariah: Studi pada Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Proceeding Icis, 1(1).

Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpji.v9i1.3065.

Sadikin, A., & Rangkuti, Y. A. (2022). Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Tingkat Sekolah Dasar Di Gugus Cut Mutia Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra, 5(2), 32–38.

Sari, E., & Aprinawati, I. Ananda, R. (2021). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(2), 250–262.

Soegiyanto, K. S. (2013). Keikutsertaan Masyarakat dalam Kegiatan Olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/miki.v3i1.2656.

Sukamto, S. (2021). Modifikasi Media Teknik Dassar Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Video Tutorial bagi Siswa SD Negeri 190 Tanjung Jabung Barat. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.22437/ijssc.v3i1.12625.

Suprianto, I., W. Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34831.

Syahrial, S. (2020). Dampak COVID-19 terhadap tenaga kerja di Indonesia. Jurnal Ners, 4(2), 21–29. https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1022.

Tifal, I. N. (2023). Pendidikan Jasmani dan Olahraga sebagai Sarana Pendidikan dan Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Kepelatihan Olahraga, 1(1), 1–9.

Widowati, S. H. S. H. A. (2021). Modifikasi Media Teknik Dasar Passing bawah Permainan Bola Voli Melalui Vidio Tutorial Bagi Siswa SD Negeri 190 Tanjung Jabung Barat. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(1), 22–30.

Wiryanto, W. (2020). Proses pembelajaran matematika di sekolah dasar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Yasa, I. P. A. C. . (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Materi Permainan Bola Besar Menggunakan Google Classroom. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 108–115. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.62447

Issue

Section

Articles