Motivasi Masyarakat untuk Melakukan Aktivitas Olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Gusti Putu Eddy Supriyadinata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Yoda Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Doddy Tisna Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.65758

Keywords:

Aktivitas Olahraga, Motivasi, Pandemi

Abstract

Pandemi covid-19 mwmberikan dampak buruk terhadap kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga Bhuana Patra Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini menggunakan semua masyarakat kota Singaraja yang Melakukan Aktivitas Olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga Bhuana Patra Singaraja. Karena jumlah populasi tidak diketahui pasti, penentuan besar sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael pada tingkat kesalahan 5%, sehingga diperoleh 350 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan skala penilaian inrterval dari jawaban angket responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor motivasi masyarakat melakukan aktivitas olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga Bhuana Patra Singaraja berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 98 orang (28,00%), berada pada kategori tinggi sebanyak 235 orang (67,14%), berada pada kategori sedang sebanyak 17 orang (4,86%), dan tidak ada masyarakat yang memiliki skor motivasi rendah dan sangat rendah (0,00%). Adapun skor rata-rata motivasi masyarakat melakukan aktivitas olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga Bhuana Patra Singaraja sebesar 38,40 berada pada rentang kategori 33 ≤ M < 39, sehingga skor rata-rata motivasi masyarakat melakukan aktivitas olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga Bhuana Patra Singaraja memiliki kategori tinggi.

References

Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2022). Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 11. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312.

Andangjati, M. W., Soesilo, T. D., & Yustinus Windrawanto. (2021). Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Penerimaan Sosial Siswa Kelas XI. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(167–173). https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33360.

Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463–475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2021). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Degrave, P., Van Steendam, E., & Sercu, L. (2023). Self-determination in EMI education. A study of university students’ motivation in Vietnam. International Journal of Educational Research Open, 5, 100295. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100295.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118, 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Duran, M. (2021). International Journal of Educational Methodology The Effects of COVID-19 Pandemic on Preschool Education. International Journal of Educational Methodology, 7(2), 249–260. https://doi.org/10.12973/ijem.7.2.249.

Ernawati, E., & Safitri, R. (2018). Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 50–58. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9817.

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273.

Fredik Melkias Boiliu. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 247 – 255. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464.

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575.

Hasniah, H., & Burhanuddin, S. (2021). Saintific Approach With Number Head Together Learning Model Can Improve Sprint Learning Outcomes. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 13(1), 01–08.

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847.

Irwanto, Nabila, F., Dewi, I. S., Idris, I., & Fajrillah. (2019). Penggunaan metode deskriptif kuantitatif dalam motivasi kerja terhadap kinerja karyawan melalui uji regresi linier berganda. Jurnal Teknovasi, 06(03), 54–62.

Kustria, K. S., Agung Parwata, I. G. L., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik SMA/SMK Di Kecamatan Rendang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173–184. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646.

Maiti, & Bidinger. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Inovasi Penelitian, 53(9), 2227–2247. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.451.

Parabi, A., Widodo, M. L., & Maulina, S. M. (2020). Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Masyarakat Kelurahan Tambelan Sampit,Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IRON (Sipi, Elektro,Mesin), 03(02), 262–270. https://doi.org/10.31959/jpmi.v3i2.515.

Prayogatam, B. (2021). Survei Kemampuan Teknik Dasar Passing Bawah Ekstrakurikuler Bolavoli. Sport Science and Health, 3(1). https://doi.org/10.17977/um062v3i12021p34-39.

Putra, M. F. ., Nasruddin, Hasan, B., & Syam, M. . (2021). Jiwa Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Mahasiswa Olahraga. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 87–94. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jscpe.v6i2.50449.

Ratno, P., & Suandi, D. H. (2018). Survey Motivasi Masyarakat Kota Binjai Dalam Melakukan Aktifitas Olahraga Di Lapangan Merdeka Kota Binjai. Jurnal Kesehatan Dan Olahraga, 2(2), 22–33. https://doi.org/10.24114/ko.v2i2.12961.

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953.

Sriwahyuni, E., Wiryokusumo, I., & Karyono, H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24101.

Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010), 1–332.

Talevi, D., Socci, V., Carai, M., Carnaghi, G., Faleri, S., Trebbi, E., Bernardo, A. D. I., Capelli, F., & Pacitti, F. (2020). Mental health outcomes of the CoViD-19 pandemic Gli esiti di salute mentale della pandemia di CoViD-19. Riv Psichiatr, 55(3), 137–144. https://doi.org/10.1708/3382.33569.

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710.

Wakitayanti, N. A., & Hartono, M. (2021). Motivasi dan Kesadaran Hidup Sehat Masyarakat untuk Berolahraga pada Masa New Normal di Kota Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 137–144. https://doi.org/10.15294/INAPES.V2I1.43230.

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Supriyadinata, G. P. E. ., Yoda, I. K., & Tisna, G. D. (2023). Motivasi Masyarakat untuk Melakukan Aktivitas Olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3), 230–239. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.65758

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>