Motivasi Masyarakat untuk Melakukan Aktivitas Olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.65758Keywords:
Aktivitas Olahraga, Motivasi, PandemiAbstract
Pandemi covid-19 mwmberikan dampak buruk terhadap kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga Bhuana Patra Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini menggunakan semua masyarakat kota Singaraja yang Melakukan Aktivitas Olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga Bhuana Patra Singaraja. Karena jumlah populasi tidak diketahui pasti, penentuan besar sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael pada tingkat kesalahan 5%, sehingga diperoleh 350 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan skala penilaian inrterval dari jawaban angket responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor motivasi masyarakat melakukan aktivitas olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga Bhuana Patra Singaraja berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 98 orang (28,00%), berada pada kategori tinggi sebanyak 235 orang (67,14%), berada pada kategori sedang sebanyak 17 orang (4,86%), dan tidak ada masyarakat yang memiliki skor motivasi rendah dan sangat rendah (0,00%). Adapun skor rata-rata motivasi masyarakat melakukan aktivitas olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga Bhuana Patra Singaraja sebesar 38,40 berada pada rentang kategori 33 ≤ M < 39, sehingga skor rata-rata motivasi masyarakat melakukan aktivitas olahraga di Kompleks Fasilitas Olahraga Bhuana Patra Singaraja memiliki kategori tinggi.
References
Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2022). Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 11. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312.
Andangjati, M. W., Soesilo, T. D., & Yustinus Windrawanto. (2021). Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Penerimaan Sosial Siswa Kelas XI. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(167–173). https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33360.
Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463–475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555.
Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2021). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.
Degrave, P., Van Steendam, E., & Sercu, L. (2023). Self-determination in EMI education. A study of university students’ motivation in Vietnam. International Journal of Educational Research Open, 5, 100295. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100295.
Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118, 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.
Duran, M. (2021). International Journal of Educational Methodology The Effects of COVID-19 Pandemic on Preschool Education. International Journal of Educational Methodology, 7(2), 249–260. https://doi.org/10.12973/ijem.7.2.249.
Ernawati, E., & Safitri, R. (2018). Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 50–58. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9817.
Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273.
Fredik Melkias Boiliu. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 247 – 255. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464.
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575.
Hasniah, H., & Burhanuddin, S. (2021). Saintific Approach With Number Head Together Learning Model Can Improve Sprint Learning Outcomes. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 13(1), 01–08.
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847.
Irwanto, Nabila, F., Dewi, I. S., Idris, I., & Fajrillah. (2019). Penggunaan metode deskriptif kuantitatif dalam motivasi kerja terhadap kinerja karyawan melalui uji regresi linier berganda. Jurnal Teknovasi, 06(03), 54–62.
Kustria, K. S., Agung Parwata, I. G. L., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik SMA/SMK Di Kecamatan Rendang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173–184. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646.
Maiti, & Bidinger. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Inovasi Penelitian, 53(9), 2227–2247. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.451.
Parabi, A., Widodo, M. L., & Maulina, S. M. (2020). Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Masyarakat Kelurahan Tambelan Sampit,Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IRON (Sipi, Elektro,Mesin), 03(02), 262–270. https://doi.org/10.31959/jpmi.v3i2.515.
Prayogatam, B. (2021). Survei Kemampuan Teknik Dasar Passing Bawah Ekstrakurikuler Bolavoli. Sport Science and Health, 3(1). https://doi.org/10.17977/um062v3i12021p34-39.
Putra, M. F. ., Nasruddin, Hasan, B., & Syam, M. . (2021). Jiwa Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Mahasiswa Olahraga. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 87–94. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jscpe.v6i2.50449.
Ratno, P., & Suandi, D. H. (2018). Survey Motivasi Masyarakat Kota Binjai Dalam Melakukan Aktifitas Olahraga Di Lapangan Merdeka Kota Binjai. Jurnal Kesehatan Dan Olahraga, 2(2), 22–33. https://doi.org/10.24114/ko.v2i2.12961.
Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953.
Sriwahyuni, E., Wiryokusumo, I., & Karyono, H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24101.
Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010), 1–332.
Talevi, D., Socci, V., Carai, M., Carnaghi, G., Faleri, S., Trebbi, E., Bernardo, A. D. I., Capelli, F., & Pacitti, F. (2020). Mental health outcomes of the CoViD-19 pandemic Gli esiti di salute mentale della pandemia di CoViD-19. Riv Psichiatr, 55(3), 137–144. https://doi.org/10.1708/3382.33569.
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710.
Wakitayanti, N. A., & Hartono, M. (2021). Motivasi dan Kesadaran Hidup Sehat Masyarakat untuk Berolahraga pada Masa New Normal di Kota Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 137–144. https://doi.org/10.15294/INAPES.V2I1.43230.
Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gusti Putu Eddy Supriyadinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)