Modul Pelatihan Warming Up Berbasis Permainan Tradisional dalam Pembelajaran PJOK

Authors

  • Alfian Watunwotuk Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Yari Dwikuraningsih Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Ade Iriani Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.67486

Keywords:

warming up, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, pembelajaran, Permainan Tradisional

Abstract

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan materi pembelajaran yang menuntut kecakapan dalam aktivitas bermain dan berolahraga. Kecakapan ini harus diperhatikan dalam setiap tahapan materinya, dimulai dari warming up, kegiatan inti sampai pada penutup. Dewasa ini kecenderungan warming up yang menoton berupa gerakan statis dan dinamis menghasilkan antusias peserta didik menjadi rendah dan berdampak pada kesiapan tubuh dalam menerima pembebanan saat berolahraga. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan warming up, kelebihan dan kekurangannya serta mengembangkan modul warming up berbasis permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK yang mencakup materi permainan bola besar, bola kecil dan atletik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan langkah-langkah Thiagarajan model 4D yang dilakukan sampai tahap ke 3 development, dan metode penelitiannya menggunakan Sugiyono sampai pada tahap ke 5 revisi desain. Uji coba penggunaan modul mendapat hasil baik dari guru-guru berdasarkan penilaian angket modul pada nilai 94% kategori sangat baik dan 81% untuk penilaian dari ahli kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas pemberian warming up dalam bentuk permainan tradisional pada peserta didik sangat baik. Implikasi penelitian yaitu adanya modul ini dapat menambah pengetahuan akan variasi warming up bagi para guru PJOK dan peserta didik.

References

Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Irine Kurniastuti. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Adil pada Anak Usia 9-12 Tahun. Elementary School, 8(2), 237–251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230.

Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97.

Desvarosa, E. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Bina Guna. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.24114/jh.v6i1.5042.

Ghiffary, M. (2020). Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Tingkat SMP di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 34–41.

Hadjarati, H., Dai, A., & Haryanto, A. I. (2021). Permainan Tradisional Daerah Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 46–54. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.33485.

Hami, M., & Mahmoudimehr, J. (2023). When to switch from heat-up to start-up in the warming-up process of a solid oxide fuel cell: A numerical study and multi-objective planning. Journal of Power Sources, 585(30), 233656. https://doi.org/10.1016/j.jpowsour.2023.233656.

Jimat, I. M. (2022). Kegiatan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Journal of Education Action Research, 6(4), 466–474. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45874.

Juditya, S., Suherman, A., Ma’mun, A., & Rusdiana, A. (2020). The Basic Movement Skill Test Instrument of Ball Games for Students Aged 13-15 Years. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.21447

Larinier, N., Vuillerme, N., Jadaud, A., Malherbe, S., & Balaguier, R. (2023). Effects of a warm-up intervention at the workplace on pain, heart rate, work performance and psychological perception among vineyard workers. Journal of Agromedicine, 28(3), 561–575. https://doi.org/10.1080/1059924X.2023.2173690.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622.

Maryati, N., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422.

Merino-Marban, R., Fuentes, V., Torres, M., & Mayorga-Vega, D. (2021). Acute effect of a static-and dynamic-based stretching warm-up on standing long jump performance in primary schoolchildren. Biology of Sport, 38(3), 333–339. https://doi.org/10.5114/biolsport.2021.99703.

Nursidah, N., Yunus, M., & Elpisah, E. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 38–44. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p38-44.

Owoeye, O. B., Emery, C. A., Befus, K., Palacios-Derflingher, L., & Pasanen, K. (2020). How much, how often, how well? Adherence to a neuromuscular training warm-up injury prevention program in youth basketball. Journal of Sports Sciences, 38(20), 2329–2337. https://doi.org/10.1080/02640414.2020.1782578.

Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 1(1), 11 – 26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3.

Prastania, M. S., & Sanoto, H. (2021). Korelasi Antara Supervisi Akademik dengan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 861–868. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.834.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15.

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 511–519. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38199.

Saipul Wakit, Indah Yuliana, & Indah Yuliana. (2021). Transformational Leadership in Improving Lecturer Performance At Muhammadiyah Higher. International Journal of Social Science, 1(3), 171–178. https://doi.org/10.53625/ijss.v1i3.409.

Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(18), 198–204. https://doi.org/10.15294/JPES.V6I2.17397.

Srikandi, S., Suardana, I. M., & Sulthoni. (2020). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(12). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14364.

Suryawati, E., Suzanti, F., Zulfarina, Putriana, A. R., & Febrianti, L. (2020). The implementation of local environmental problem-based learning student worksheets to strengthen environmental literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 169–178. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892.

Widiani, A. A. O. V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3076.

Wijaya, kadek ari, Budaya Astra, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2022). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712.

Zahara Konita, R. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Watunwotuk, A., Dwikuraningsih, Y., & Iriani, A. (2023). Modul Pelatihan Warming Up Berbasis Permainan Tradisional dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3), 218–223. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.67486

Issue

Section

Articles