Analisa Hubungan Motivasi Berprestasi Atlet terhadap Burnout : Studi Kasus Atlet Triathlon Jasalindo Jawa Timur
Keywords:
Triathlon, Motivasi, burnout, stressAbstract
Olahraga Triathlon merupakan olahraga yang memerlukan tingkat daya tahan yang tinggi sehingga atlet harus melakukan latihan yang konsisten dan terukur sehingga atlet tidak mengalami gejala stress akibat latihan yang over sehingga mengakibatkan burnout, dalam penelitian ini ingin mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi atlet dengan burnout. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data menggunakan kuisioner, terdapat 12 sampel penelitian diantaranya merupakan seluruh atlet Triathlon Jasalindo Jawa Timur, tehnik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Kemudian data dianalisis menggunakan excel untuk distribusi data, kemudian dilakukan beberapa uji data menggunakan SPSS yaitu: uji normalitas data, uji Linieritas data, dan uji korelasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa hubungan antara motivasi berprestasi atlet dengan tingkat resiko atlet mengalami burnout memiliki hubungan positif dengan nilai signifikansi p=0,560 dengan tingkat hubungan kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi yang dimiliki oleh atlet Triathlon Jasalindo Jawa Timur maka akan semakin tinggi pula tingkat resiko burnout.
References
`Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395
Anggraeni, L., Affandi, I., Wahyudin, D., Paramitha, S. T., & Ramadhan, M. G. (2022). Optimization of the Board Game as a Platform for the Concept of Peace Education: A Survey Method Study. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.46328/ijemst.2292
Bentley, D. J., Millet, G. P., Vleck, V. E., & McNaughton, L. R. (2002). Specific aspects of contemporary triathlon: Implications for physiological analysis and performance. Sports Medicine (Auckland, N.Z.), 32(6), 345–359.
https://doi.org/10.2165/00007256-200232060-00001
Carlin, M., & Ruiz, E. J. G. de los F. (2010). El síndrome de burnout: Evolución histórica desde el contexto laboral al ámbito deportivo. Anales de Psicología / Annals of Psychology, 26(1), Article 1.
Durrunnafisa, S. (2022). Hubungan antara Rasa Percaya Diri dan Motivasi dengan Prestasi Atlet Wushu Kategori Taolu Kota Gianyar Bali Tahun 2021. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/86900/Hubungan-antara-Rasa-Percaya-Diri-dan-Motivasi-dengan-Prestasi-Atlet-Wushu-Kategori-Taolu-Kota-Gianyar-Bali-Tahun-2021
Faisal Sutansyah, -. (2019). HUBUNGAN ANTARA BURNOUT DAN MOTIVASI DENGAN TINGKAT EGO RESILIENCE PADA ATLET FUTSAL [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu
Gerber, M., Gustafsson, H., Seelig, H., Kellmann, M., Ludyga, S., Colledge, F., Brand, S., Isoard-Gautheur, S., & Bianchi, R. (2018). Usefulness of the Athlete Burnout Questionnaire (ABQ) as a screening tool for the detection of clinically relevant burnout symptoms among young elite athletes. Psychology of Sport and Exercise, 39.
https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2018.08.005
Gustafsson, H., DeFreese, J. D., & Madigan, D. J. (2017). Athlete burnout: Review and recommendations. Current Opinion in Psychology, 16, 109–113.
https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2017.05.002
husdarta. (2011). Psikologi olahraga. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=6034
Ip, J., & Syahputra, R. (2019). ANALISIS OLAHRAGA PRESTASI YANG DAPAT DI UNGGULKAN KABUPATEN LANGKAT. Jurnal Kesehatan dan Olahraga, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/ko.v3i1.13067
Ismanto, H., & Pebruary, S. (2021). Aplikasi SPSS Dan Eviews Dalam Analisis Data Penelitian. Deepublish.
Jamalong, A. (2014). PENINGKATAN PRESTASI OLAHRAGA NASIONAL SECARA DINI MELALUI PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN PELAJAR (PPLP) DAN PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN MAHASISWA (PPLM). Jurnal Pendidikan Olah Raga, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31571/jpo.v3i2.127
Lemyre, P.-N., Roberts, G. C., & Stray-Gundersen, J. (2007). Motivation, overtraining, and burnout: Can self-determined motivation predict overtraining and burnout in elite athletes? European Journal of Sport Science, 7(2), 115–126.
https://doi.org/10.1080/17461390701302607
Locke, E. A., & Latham, G. P. (1985). The Application of Goal Setting to Sports. Journal of Sport and Exercise Psychology, 7(3), 205–222.
https://doi.org/10.1123/jsp.7.3.205
Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam olahraga.
Mirhan, J. B. K. J. (2016). HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DAN KERJA KERAS DALAM OLAHRAGA DAN KETERAMPILAN HIDUP. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i1.9499
Muhlisin, M., Paramitha, S. T., Purnama, Y., Qomarullah, R., & Ramadhan, M. G. (2021). Sport of Policy Analysis and Evaluation: A Systematic Literature Review. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 5(1), Article 1.
https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i1.1677
Primita, H. Y., & Wulandari, D. A. (2014). Hubungan Antara Motivasi berprestasi dengan Burnout pada Atlet Bulutangkis di Purwokerto. Psycho Idea.
RACHMAN, A. A. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial Pelatih dan Motivasi Berprestasi dengan Burnout pada Atlet Olahraga Beladiri PUSLATDA Jatim 100/IV [Skripsi, Universitas Airlangga]. http://lib.unair.ac.id
Rüst, C. A., Knechtle, B., Knechtle, P., Rosemann, T., & Lepers, R. (2012). Age of peak performance in elite male and female Ironman triathletes competing in Ironman Switzerland, a qualifier for the Ironman world championship, Ironman Hawaii, from 1995 to 2011. Open Access Journal of Sports Medicine, 3, 175–182.
https://doi.org/10.2147/OAJSM.S37115
Saputra, S. Y., & Hariadi, N. (2018). Sumbangan Fisiologi Olahraga Dalam Menunjang Puncak Prestasi Optimal atlet. Jurnal Porkes, 1(2), Article 2.
https://doi.org/10.29408/porkes.v1i2.1383
Sari, D. R. A., & Suroto. (2022). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kebugaran Jasmani siswa SMPN 5 Gresik. 6(2). https://ejournal.unesa.ac.id
Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Zainuddien Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)