Implementasi Outdoor Education Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VII SMP

Authors

  • Pande Made Dani Wiradhika Putra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Yogi Parta Lesmana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Hendra Mashuri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.83308

Keywords:

Outdoor Education, Hasil Belajar, Trekking, Outbound

Abstract

Penelitian ini didasari karena adanya peserta didik yang tidak tuntas pada mata pelajaran PJOK materi kebugaran jasmani pada kelas 7 SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PJOK materi kebugaran jasmani peserta didik kelas 7 SMP  dengan menggunakan metode pembelajaran Outdoor Education berbasis trekking dan outbound. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas 7 SMP. Data hasil belajar dikumpulkan dengan cara tes hasil belajar dan lembar observasi untuk aspek kognitif dan aspek afektif sedangkan aspek psikomotor menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I meskipin masih ada peserta didik yang tidak tuntas, sehingga dilanjutkan pada siklus II yang menghasilkan seluruh peserta didik telah mencapai ketuntasan pasa materi kebugaran jasmani pada mata pelajaran PJOK. Dapat disimpulkan bahwa outdoor education dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi kebugaran jasmani peserta didik kelas 7.

References

Afriyani, Q. (2024). Peningkatan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 4(1), 93–100.

Alkalah, C. (2016). Teknologi Metaverse Dalam Ilmu Keolahragaan (Vol. 19, Issue 5).

Bukori. (2020). Penggunaan Media Nyata ( konkret ) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pada Peserta Didik. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, Vol. 3(3), 1748–1752.

Darmansyah, A., Susanti, A., & Muktadir, A. (2023). Pembentukan Karakter Sportivitas melalui Kegiatan Outbound pada Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 206. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.70158.

Dwi Cahyani, N., Luthfiyah, R., Apriliyanti, V., & Munawir, M. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Budaya Religius Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakteristik Islami. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 477–493. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.5383.

Fibriansyah, A., Gani, A. A., & ... (2022). Model Pembelajaran Outdoor Education Berpengaruh Terhadap Keterampilan Gerak Dasar pada Muatan Pjok Kelas V SD. Seminar Nasional …, 2, 61–66. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/10027%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/viewFile/10027/pdf.

Forina, R., Intan, P., Lumban, M., & Education, P. (2024). Tantangan Guru PJOK Dalam Pembelajaaran Abad 21 : Literatur Riview. 22, 418–428.

Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif : Mendorong Partisipasi Siswa. Jurnal Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Khasanah, M., Nurita, T., Risma, M. W., & Arinais, F. (2024). Meningkatkan Kerangka Berpikir Peserta Didik Melalui Metode Pembelajaran Beragam Pada Materi Pengetahuan Bumi Dan Antariksa. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2).

Mann, J., Gray, T., Truong, S., Sahlberg, P., Bentsen, P., Passy, R., Ho, S., Ward, K., & Cowper, R. (2021). A systematic review protocol to identify the key benefits and efficacy of nature-based learning in outdoor educational settings. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3), 1–10. https://doi.org/10.3390/ijerph18031199.

Maula, H., Suwignyo Prayogo, M., Arafah, F., Alvin Hidayatullah, dan, Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., & Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, U. (2023). Implementasi Permainan Singing Estafet dan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa Kelas V B SD Al Baitul Amien 02 Jember. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 04(02), 33–41. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas.

Mauludiyah, N., Muhammad, H. N., & Wibowo, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Station Rotation Mapel PJOK pada Materi Aktivitas untuk Kebugaran terhadap Tingkat Kelincahan Siswa. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 729–744. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.6002.

Mudzakir, D. O., & Agustin, N. M. (2024). Pengaruh pengaruh pendidikan luar ruang terhadap sosial anak The influence of outdoor education on the social children. 12(2), 445–454.

Muhtadi, M. A. (2023). Pembelajaran Berbasis Outdoor Education sebagai Upaya Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar Siswa SD di Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 274–280. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/article/view/465.

Mulyadi, M. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 7(2), 174. https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i2.4482.

Mursalim, A. R., Sanjata, A., & ... (2024). Strategi Penggunaan Media Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMP PGRI Barembeng, Kec …. Referensi, 2(Juni), 1–10. https://journal.pascasarjana-uim.ac.id/index.php/referensi/article/view/215%0Ahttps://journal.pascasarjana-uim.ac.id/index.php/referensi/article/download/215/199.

Mustafa, A. F. (2022). Gambaran pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) selama pandemi covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 213–225. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.25.

Nadiatul Putri, Hari Antoni Musril, & Yahdi Yahdi. (2023). Penerapan Project Based Learning pada Mata Pelajaran Informatika di Pondok Pesantren Sematera Thawalib Parabek untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.55606/juitik.v4i1.721.

Nur Khasanah, F., & Aditia Rigianti, H. (2023). Upaya Guru Dalam Menghadapi Peserta Didik Yang Mengalami Kebosanan Saat Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 266–269.

Nuraeni, N., Tamam, A. M., & Sastra, A. (2023). Inovasi program pendidikan karakter islami di SMP Sekolah Alam Indonesia Cipedak Neni. 12(6), 502–519. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i6.

Nuraini, A. S., Annisa, H., Rahmayanti, I., Ayuni, L. Q., Makiyyah, N. Z. N., Aprilianti, S. N., & Mulyana, A. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (PJOK) Di Jenjang Sekolah Dasar. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(3), 80–94.

Panjaitan, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa SMP Melalui Metode Outdoor Study. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/KHIRANI/article/view/194%0Ahttps://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/KHIRANI/article/download/194/189

Pradanna, S. A., & Irawan, H. (2024). Integrasi Pembelajaran Service Learning Dalam Pendidikan Kewarganegaraan : Membangun Keterlibatan Aktif Dan Pemahaman Sosial Siswa. 11(01), 17–33.

Pratiwi, D.E., Utami, T.M., Korneliya, B, Rafiadzkay, M.Z., & Aini, S. . (2021). Peningkatan Pembelajaran Melalui Belajar di Luar Ruangan pada Sekolah Dasar. Journal of Education and Technology, 1(1), 30–36.

Remmen, K. B., & Iversen, E. (2023). A scoping review of research on school-based outdoor education in the Nordic countries. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 23(4), 433–451. https://doi.org/10.1080/14729679.2022.2027796.

Safitri, D. (2024). Peran Metode Outdoor Study Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP The Role of Outdoor Study Methods in Enhancing Learning Motivation of Junior High School Students in Social Studies Subjects. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1, 3345–3354.

Sari, M. R., Aswat, H., Aswat, A., & Rahim, A. (2024). Pembelajaran di Luar Kelas: Menyelami Pengalaman Pembelajaran yang Dinamis dan Beragam untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 3(01), 28–36. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v3i01.493.

Sari, Y. Y., Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, & Padli. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657.

Setiawati, N. A. (2021). Penerapan Metode Outbond Pada Sekolah Alam Untuk Menciptakan Pembentukan Leadership. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(2), 21–34. https://doi.org/10.51178/jetl.v3i2.207.

Yulianti, H. (2024). Implementasi Layanan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. MATAAZIR: Jurnal Administrasi Dan …, 151–161. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1733%0Ahttps://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/download/1733/1199.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Dani Wiradhika Putra, P. M., Kadek Yogi Parta Lesmana, & Hendra Mashuri. (2024). Implementasi Outdoor Education Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(2), 140–144. https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.83308

Issue

Section

Articles