Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.84752Keywords:
Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara, Kebugaran Jasmani, Sedang, Universitas Pendidikan GaneshaAbstract
Kurangnya kesadaran tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh, ditambah dengan pola hidup yang tidak seimbang seperti kurangnya waktu untuk berolahraga dan pola makan yang tidak sehat, menjadi faktor yang turut mempengaruhi penurunan kebugaran masyarakat saat ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara Universitas Pendidikan Ganesha. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian deskriptif dan kuantitatif, dengan tujuan menggambarkan gejala atau fenomena tertentu melalui observasi langsung dan analisis data numerik. Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari 150 anggota Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara, dan peneliti mengambil 34 orang sebagai sampel secara acak, yaitu mahasiswa semester 4 dan 6 dari Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2024. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari 34 mahasiswa Sumatera Utara semester 4 dan 6 di Universitas Pendidikan Ganesha, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kebugaran jasmani lari 2,4 km Cooper digunakan untuk mengukur dan menentukan tingkat kebugaran jasmani (sesuai kelompok usia masing- masing). Hasil penelitian menunjukan bahwa:tingkat kebugaran jasmani ikatan mahasiswa Sumatera Utara Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2024 paling banyak berkategori sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani ikatan mahasiswa Sumatera Utara Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2024 termasuk ke dalam kategori sedang.
References
Aidi, Z., Yulifri, Y., & Edwarsyah, E. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Dalam Menerapkan Permainan Kecil Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science, 19(1). https://doi.org/10.24036/jss.v19i1.22.
Apriliyanti, F. ., Sumarsono, R. N. ., & Abduloh, A. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Olahraga di SMKS Pratama Mulya Karawang. ,. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4311–4321. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1553.
Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Sport Science and Health, 3(5). https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234.
Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas X Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.931.
Fatoni, R. A., Suroto, S., & Indahwati, N. (2021). Pengaruh aktivitas fisik program gross motor skill terhadap indeks massa tubuh dan tingkat kebugaran jasmani. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i1.9539.
Hakim, N., Ulpi, W., & Hasyim, F. A. (2022). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak pada Masa Pandemi melalui Kegiatan Senam Berbasis Windows Movie Maker. Jurnal Obsesi, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1954.
Hakim, R., & Basuki, S. (2023). Pemanfaatan audio visual dalam pembelajaran ketrampilan bola basket. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 107. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16454.
Hayya, S. F., Aqiella, & Widyasari, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Dengan Model ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p160-165.
Herlambang, M. A., Nugraheni, W., & Saleh, M. (2023). Tingkat Kebugaran Siswa SMK Pasca Penghapusan Mata Pelajaran PJOK. Jurnal Educatio, 9(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5750.
Huslah, H., & Hariyanto, E. (2020). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet Puslatcab Senam Lantai Usia 10-12 Tahun. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.17977/um040v4i1p44-51.
Huwaida, Z., Anggraini, F. T., & Firdawati. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kebugaran Jasmani Siswa SDN 13 Sungai Pisang. JIKESI: Jurnal ILmu Kesehatan Indonesia, 2(4). https://doi.org/10.25077/jikesi.v2i4.361.
Idham, Z., Neldi, H., Komaini, A., Sin, T. H., & Damrah. (2022). Pengaruh Kebugaran Jasmani, Status Gizi, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK. Jurnal Basicedu, 6(3), 4078–4089. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2196.
Irianto, T., Rahmadi, R., Rakhman, A., & Muhammad, F. (2022). Kebugaran jasmani pegiat dan atlet eSports di lingkungan lahan basah. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 21(3). https://doi.org/10.20527/multilateral.v21i3.14215.
Kurniawan, A. W., Surya, K. K. H., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani Unsur Kelentukan Berbasis Multimedia Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Patriot, 4(1). https://doi.org/10.24036/patriot.v4i1.831.
Lismana, O., Komaini, A., Arsil, Padli, & Zarya, F. (2022). Pengaruh latihan senam kesegaran jasmani 2018 dan senam jantung sehat seri v terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswi smp ditinjau dari motivasi berlatih. JORPRES: Jurnal Olahraga Prestasi, 18(2). https://doi.org/10.21831/jorpres.v18i2.57661.
Lutfi, A., Nugroho, S., & Sumarno, A. (2021). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani pada Siswa Ekstrakulikuler Sepakbola di SMA Negeri 1 Muaragembong. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2390.
Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704.
Perabunita, & Akhirun Meidiansa. (2020). Pengaruh Latihan Push-Up Terhadap Kemampuan Chest Pass Bola Basket Siswa Ekstrakurikuler Smp Negeri 40 Palembang. Halaman Olahraga Nusantara, 3(2). https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4595.
Pratiwi, A. S., Nugraheni, W., & Maulana, F. (2023). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMK: Dampak Penghapusan Mata Pelajaran PJOK. Jurnal Educatio, 9(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5774.
Putra, H. H. C., & Winarno, M. E. (2024). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Ekstrakurikuler Olahraga Smp Negeri 1 Pakis. Gymnasia: Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 4(1). https://doi.org/10.572349/gymnasia.v4i1.2245.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.
Raihanah, S., Bekti, R. A., & Pratama, B. A. (2022). Survey on the level of physical fitness of female students aged 13-15 years. Sriwijaya Journal Of Sport, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.55379/sjs.v2i1.473.
Rivai, T. M., Nugraheni, W., & Septiadi, F. (2022). Kebugaran Jasmani dan Self-Regulated Learning: Kondisi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Educatio, 8(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3528.
Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal Sport Area, 4(2). https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3801.
Saputra, A. H., & Bayu, W. I. (2023). Survey of physical activity and physical fitness in students aged 14-16 years. Sriwijaya Journal of Sport, 3(1), 28–38. https://doi.org/10.55379/sjs.v3i1.975.
Sulaksana, P. P., Kanca., I. N., & Wijaya, M. A. (2020). Ketersediaan Guru Dan Sarana Prasarana Pjok Sma Dan Smk Se-Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(2), 69–74. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i2.33758.
Syahruddin. (2020). Kebugaran Jasmani Bagi Lansia Saat Pandemi Covid-19. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(2), 232–239. https://doi.org/10.33222/juara.v5i2.943.
Syam, A. S., & Ismail, A. (2024). Survey Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bontoala Kota Makassar Di Masa Pandemi. EDULEC : Education, Language, and Culture Journal, 4(2), 213–222. https://doi.org/10.56314/edulec.v4i2.248.
Wahid, S. M. al, & Prayoga, H. D. (2021). Survei Pengelolaan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah Dasar Negeri Kota Tarakan. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1). https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4306.
Wani, B., & Wea, Y. M. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Citra Bakti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2726.
Wibowo, A. T., Sari, A. S., & Purilawa, A. F. (2020). Pelatihan Kebugaran Jasmani Latihan Work From Home Tim PON Rugby DIY pada masa Covid-19. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.55081/jbpkm.v1i1.168.
Zubaidah, Syafarudin, Victorian, A. R., Solahuddin, S., & Soleh Solahuddin. (2021). Profil Kebugaran Jasmani Atlet Pencak Silat Binaan Bank Sumsel Babel Palembang. Jurnal Patriot, 3(2). https://doi.org/10.24036/patriot.v3i2.783.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ryanfebrian simanjuntak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)