IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TPS MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Charly Charles Johnry Koloay

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 36 siswa dengan rincian 15 siswa putri dan 21 siswa putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data hasil penelitian didapatkan aktivitas belajar teknik passing bola voli mengalami peningkatan 1.62% pada observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 0.84% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 2.46% dari observasi awal ke siklus II. Hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan sebesar 55,6% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 22.2% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 77,8% dari observasi awal ke siklus II, Sedangkan Hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada aspek keterampilan mengalami peningkatan sebesar 72.2% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 11,1% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 83,3% dari observasi awal ke siklus II. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola voli (passing bawah dan passing atas) meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Peneliti menyarankan agar guru PJOK menggunakan model pembelajaran tipe TPS karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) indexed by:

   Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.