Pengembangan Panduan Microteaching Berbasis Lessson Study untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Khususnya pada Layanan Bimbingan Klasikal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Authors

  • Mayserlla Vina Novita Sari Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Yari Dwikurnaningsih Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16281

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and development (R&D). Tujuan penelitian pengembangan ini mengembangkan buku panduan microteaching berbasis lesson study untuk meningkatkan kompetensi profesional khususnya pada bimbingan klasikal mahasiswa Bimbingan dan Konseling UKSW. Penelitian ini dilakukan dalam lima tahap yang dikemukakan oleh Sugiyono (2011) yaitu, identifikasi dan penetapan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi desain dan perbaikan desain. Tahap  identifikasi dan penetapan masalah melalui wawancara dengan dosen pengampu microteaching dan mahasiswa BK angkatan 2014 yang sudah menempuh microteaching. Tahap pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan mengkaji hasil wawancara dan studi pustaka. Tahap  desain produk yaitu penyusunan buku panduan yang berisi teori kompetensi profesional, teori microteaching, teori lesson study, tahap-tahap microteaching berbasis lesson study, yaitu tahap plan, do, see dan lampiran-lampiran pendukung. Kemudian tahap validasi desain yaitu penilaian oleh ahli pembelajaran dengan mengisi angket validasi dengan 21 item indikator. Jawaban angket menggunakan skala Likert Sugiyono (2009) yang memiliki empat pilihan dengan alternatif  skor 4 untuk jawaban baik, skor 3 untuk jawaban cukup, skor 2 untuk jawaban kurang, dan skor 1 untuk jawaban tidak baik. Dari hasil validasi ahli dilakukan perhitungan perolehan skor, dan diperoleh skor dengan jumlah 71 dari ahli 1 dan 65 dari ahli 2. Kemudian ditentukan range dan interval dan diperoleh kualifikasi: sangat layak ( ≥ 73), layak (60–72), cukup layak (47–59), kurang layak (34–46), tidak layak (21–33). Dengan demikian buku panduan yang disusun penulis berkualifikasi layak.

 

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Sari, M. V. N., & Dwikurnaningsih, Y. (2018). Pengembangan Panduan Microteaching Berbasis Lessson Study untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Khususnya pada Layanan Bimbingan Klasikal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 239–245. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16281

Issue

Section

Articles