Pengembangan Panduan Microteaching Berbasis Lessson Study untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Khususnya pada Layanan Bimbingan Klasikal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16281Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and development (R&D). Tujuan penelitian pengembangan ini mengembangkan buku panduan microteaching berbasis lesson study untuk meningkatkan kompetensi profesional khususnya pada bimbingan klasikal mahasiswa Bimbingan dan Konseling UKSW. Penelitian ini dilakukan dalam lima tahap yang dikemukakan oleh Sugiyono (2011) yaitu, identifikasi dan penetapan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi desain dan perbaikan desain. Tahap identifikasi dan penetapan masalah melalui wawancara dengan dosen pengampu microteaching dan mahasiswa BK angkatan 2014 yang sudah menempuh microteaching. Tahap pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan mengkaji hasil wawancara dan studi pustaka. Tahap desain produk yaitu penyusunan buku panduan yang berisi teori kompetensi profesional, teori microteaching, teori lesson study, tahap-tahap microteaching berbasis lesson study, yaitu tahap plan, do, see dan lampiran-lampiran pendukung. Kemudian tahap validasi desain yaitu penilaian oleh ahli pembelajaran dengan mengisi angket validasi dengan 21 item indikator. Jawaban angket menggunakan skala Likert Sugiyono (2009) yang memiliki empat pilihan dengan alternatif skor 4 untuk jawaban baik, skor 3 untuk jawaban cukup, skor 2 untuk jawaban kurang, dan skor 1 untuk jawaban tidak baik. Dari hasil validasi ahli dilakukan perhitungan perolehan skor, dan diperoleh skor dengan jumlah 71 dari ahli 1 dan 65 dari ahli 2. Kemudian ditentukan range dan interval dan diperoleh kualifikasi: sangat layak ( ≥ 73), layak (60–72), cukup layak (47–59), kurang layak (34–46), tidak layak (21–33). Dengan demikian buku panduan yang disusun penulis berkualifikasi layak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)