Pengembangan Model Pembelajaran Dakonan Jodoh (DAJO) pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Authors

  • Nita Pratiwi Jurusan PGSD, FIP Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Fajar Cahyadi Jurusan PGSD, FIP Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • M. Yusuf Setia Wardana Jurusan PGSD, FIP Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17379

Abstract

Pembelajaran tematik pada dasarnya membutuhkan optimalisasi penggunaan model dan media pembelajaran yang bervariasi sehingga akan membantu siswa dalam memahami konsep – konsep materi yang bersifat abstrak. Maka dari itu penggunaan model pembelajaran berbantuan media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam sebuah pembelajaran. Guru dituntut untuk kreatif dan produktif dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran. Indonesia merupakan salah satu negara dengan berbagai macam kebudayaan tradisional. Salah satu bentuk kebudayaan tersebut adalah pemainan tradisional dan setiap daerah provinsi di Indonesia memiliki permainan tradisional. Untuk menyediakan variasi model pembelajaran dan melestarikan kebudayaan daerah diperlukan sebuah model pembelajaran yang dikombinasikan dengan media pembelajaran permainan tradisional yaitu permainan dakon.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Pratiwi, N., Cahyadi, F., & Wardana, M. Y. S. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Dakonan Jodoh (DAJO) pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 71–76. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17379

Issue

Section

Articles