Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Authors

  • Bunga Chika Pratama PGSD, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17382

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Latar belakang yang mendorong peneliti melakukan penelitian tersebut, karena hasil belajar siswa masih rendah dan belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pembelajaran yang efektif dan masih menggunakan metode konvensional yang cenderung membuat siswa kurang aktif. Dilihat dari hasil belajar siswa, jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Nonquivalent Control Group Design, dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunaan Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis,wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis tes yang diberikan untuk siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantu media Puzzle mengalami peningkatan 5%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantu media Puzzle dapat digunakan sebagai alternative dalam proses pembelajaran dan perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menerapkan pada pokok bahasan yang berbeda.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Chika Pratama, B. (2019). Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 84–88. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17382

Issue

Section

Articles