Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17382Abstract
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Latar belakang yang mendorong peneliti melakukan penelitian tersebut, karena hasil belajar siswa masih rendah dan belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pembelajaran yang efektif dan masih menggunakan metode konvensional yang cenderung membuat siswa kurang aktif. Dilihat dari hasil belajar siswa, jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Nonquivalent Control Group Design, dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunaan Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis,wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis tes yang diberikan untuk siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantu media Puzzle mengalami peningkatan 5%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantu media Puzzle dapat digunakan sebagai alternative dalam proses pembelajaran dan perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menerapkan pada pokok bahasan yang berbeda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)