Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa

Authors

  • Nyoman Nilon SMK Negeri 1 Sukasada , Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17383

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas belajar siswa, (2) peningkatan hasil belajar siswa dan (3) respon siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X Perhotelan I SMK Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas, dilaksankan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, siswa kelas X Perhotelan I SMK Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian (1) aktivitas belajar siswa, (2) hasil belajar siswa, (3) respon siswa. Data aktivitas siswa dikumpulkan dengan metode observasi. Data hasil belajar diperoleh dengan tes hasil belajar dan tes unjuk kerja. Data respon siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket tertutup. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu siklus I diperoleh rata-rata aktivitas sebesar 64 dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II diperoleh rata-rata aktivitas sebesar 81 dengan kategori aktif, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu siklus I pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 69 dengan kategori baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas 83 dengan kategori baik, peningkatan hasil telah memenuhi klasifikasi KKM yang ditetapkan 70, (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) diperoleh rata-rata respon sebesar 90 dengan kualifikasi setuju.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Nilon, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 89–96. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17383

Issue

Section

Articles