Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa

Runtut Hidayati, Suyitno YP, Filia Prima Artharina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media kartu huruf terhadap keterampilan membaca aksara legena. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian bentuk Pre-Exsperimental Desain bentuk One Group Pretest-Posttest Desain. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non probability Samping dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf berdasarkan hasil persentase indikator keterampilan membaca menunjukkan perbandingan antara pretes dan postes pada indikator membaca kata sederhana yang tersusun dari aksara Jawa yaitu keterampilan membaca aksara legena siswa meningkat hingga 40% berada dikriteria baik dan 40% berada dikriteria sangat baik. Dengan berdasarkan kategori kriteria 85-100 (sangat baik), 69-85 (baik), 53-68 (cukup), dan 37-52 (kurang

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) indexed by:

   Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.