Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa

Authors

  • Runtut Hidayati PGSD FIP UPGRIS, Kota Semarang, Indonesia
  • Suyitno YP PGSD FIP UPGRIS, Kota Semarang, Indonesia
  • Filia Prima Artharina PGSD FIP UPGRIS, Kota Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media kartu huruf terhadap keterampilan membaca aksara legena. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian bentuk Pre-Exsperimental Desain bentuk One Group Pretest-Posttest Desain. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non probability Samping dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf berdasarkan hasil persentase indikator keterampilan membaca menunjukkan perbandingan antara pretes dan postes pada indikator membaca kata sederhana yang tersusun dari aksara Jawa yaitu keterampilan membaca aksara legena siswa meningkat hingga 40% berada dikriteria baik dan 40% berada dikriteria sangat baik. Dengan berdasarkan kategori kriteria 85-100 (sangat baik), 69-85 (baik), 53-68 (cukup), dan 37-52 (kurang

Downloads

How to Cite

Hidayati, R., YP, S., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112–116. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388

Issue

Section

Articles