Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17390Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, pada siswa kelas V semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di SD Gugus III Kecamatan Marga. Penelitian ini menggunakan rancangan “non-equivalent post test only control group design”. Dari delapan sekolah yang ada di SD Gugus III Kecamatan Marga yang menjadi populsi dalam penelitian, terpilih dua sekolah untuk sampel penelitian dengan teknik random sampling sederhana. Hasilnya yaitu SD N 2 Kuwum sebagai kelompok eksperimen dan SD N 6 Marga sebagai kelompok kontrol. Penelitian menggunakan instrumen tes yang berjumlah 30 soal obyektif terdiri dari soal C2-C5. Dalam uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu Uji-t. Berdasarkan perhitungan ditemukan bahwa hasil Uji-t diperoleh thitung = 13,828 dan ttabel = 2,021 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata skor siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 23,88 dalam kategori tinggi, sedangkan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata skor 13,37 dengan kategori sedang. Jadi model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa, serta model pembelajaran ini perlu diterapkan agar hasil belajar siswa di sekolah menjadi lebih baikDownloads
How to Cite
Dwi Apriliani, N. M. P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 122–129. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17390
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)