Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18160Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran word square berbantuan media gambar terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas III SD di Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi experiment), dengan desain penelitian non-equivalent post-test only control group design. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa, yang terdiri dari 23 siswa kelas III SDN 2 Tukadmungga sebagai kelompok eksperimen dan 23 siswa kelas III SDN 2 Pemaron sebagai sebagai kelompok kontrol. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Data keterampilan berbicara dikumpulkan dengan instrumen berbentuk tes unjuk kerja (performance). Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor keterampilan berbicara kelompok eksperimen adalah 20,13. Sedangkan rata-rata skor keterampilan berbicara kelompok kontrol adalah sebesar 14,43. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (thitung = 7,419 > ttabel =2,021). Ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran word square berbantuan media gambar dan siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar pada kelas III. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran word square berbantuan media gambar terhadap keterampilan berbicara kelas III di Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)