Peranan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.28332Keywords:
peranan, model team assisted individualization, hasil belajar ipa, meta analisis, effect sizeAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa dapat menunjukan bahwa guru-guru kelas belum melaksanakan pembelajaran dengan efektif atau belum menerapkan model belajar IPA yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan model team assisted individualization terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta analisis. Sampel penelitian ini, berjumlah enam artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014 sampai 2020 pada jenjang sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu mengidenfitikasi data-data yang diperlukan pada penelitian. Hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil secara keseluruhan sebesar 0,992. Hasil tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model team assisted individualization dapat dikategorikan berefek besar 0,992 ≥ 0,8. Sehingga dari hasil tersebut membuktikan bahwa pembelajaran dengan model team assisted individualization memberikan peranan yang bersifat positif bagi hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual, dan dapat mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual. Implikasi penelitian ini diharapkan siswa dapat aktif belajar baik individu maupun berkelompok guna peningkatan hasil belajarnya dan para guru memberikan berbagai inovasi dalam proses pembelajaran untuk memberikan proses belajar yang bermakna.
References
Anisah, Sumarmi, & Astina, I. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Dengan Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(2). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10491.
Anshory, I. (2020). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 3546. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936.
Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169–177. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802.
Arihta, S. (2016). Penerapan Model TAI untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V-B SD Negeri 053955 Paya Salit. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.24114/jh.v6i1.5039.
Arni Gemilang Harsanti. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dengan Model Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 10 – 15. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3279.
Asriningsih, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2327.
Cahyaningsih, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1226.
Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.
Hardiningrum, E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Team Assisted Individualization dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/40378/75676585749.
Harnika, U. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Proses Pembentukan Tanah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(3).
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.
Juliarsa, I. W. (2017). Pengaruh Model Team Assisted Individualization Bermediakan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10808.
Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111.
Laksmini, M. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Didukung Media Konkret Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Terjadinya Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas IV SDN 7 dan 9 Kampung dalem Kecamatan Tulungagung. Simki-Pedagogia, 2(2).
Mariyana, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA tentang Tata Surya melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) bagi Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 787–792. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54403.
Mitchell, S. L., Mor, V., Harrison, J., & McCarthy, E. P. (2020). Embedded Pragmatic Trials in Dementia Care: Realizing the Vision of the NIA IMPACT Collaboratory. Journal of the American Geriatrics Society, 68(S2), S1–S7. https://doi.org/10.1111/jgs.16621.
Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu (Teori & Praktik Terbaik di Sekolah). PT Refika Aditama.
Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311.
Nopiyanti, N. P., Renda, N. T., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 18–26. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19327.
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Nugraha, R. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar di Kecamatan Jambu. Jurnal Sekolah (JS), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9925.
Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org//10.17977/jptpp.v5i1.13151.
Puspitasari, L. (2013). Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Di Kelas V. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 5(2).
Renda, N. T., & Jampel, N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD, 1(1).
Rosarina, Gina., Sudin, Ali., & S. A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043.
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539.
Wulandari, L., Widodo, J., & Sulhadi. (2019). The Implementation of Learning Instrument of Soil Forming Material with Cooperative Model Type of Team Assisted Individualization of Elementary School Students. Journal of Primary Education, 9(1), 120–128. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/29219.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)