Pengembangan Bahan Ajar Ramah Kolok Berwawasan Kebudayaan Terhadap Hasil Belajar IPS dan Sikap Cinta Budaya Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.22558Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar ramah kolok (bisu tuli) berwawasan budaya Bali. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah bahan ajar ramah kolok (bisu tuli) berwawasan kebudayaan Bali kelas IV. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar adalah lembar penilaian bahan ajar dari ahli untuk aspek validitas, serta angket respon guru dan angket respon siswa untuk menilai bahan ajar yang diterapkan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar berupa 1 materi IPS, 3 RPP, dan 3 LKS yang telah dikembangkan dengan berwawasan budaya Bali, materi yang dikembangkan yaitu materi “kegiatan ekonomi”, 2) produk ini sudah divalidasi oleh ahli IPS, ahli desain pembelajaran, ahli budaya Bali, ahli evaluasi dan pendidikan, diperoleh hasil dengan nilai CVR dan CVI yaitu 1,00 yang dapat dikategorikan “valid” dan layak untuk diujicoba, 3) produk ini telah diuji cobakan secara terbatas di kelas IV dan hasil produk ini yaitu dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap cinta budaya Bali siswa dengan nilai rata-rata hasil belajar dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3 yaitu 83,51, 90,25, 93,57, serta peningkatan rata-rata sikap cinta budaya Bali siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3 yaitu 81,14, 85,04, dan 92,67.
Keyword : bahan ajar, budaya Bali, hasil belajar
References
Arnyana, Ida Bagus Putu. 2014. “Peranan Budaya Bali Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Di Sekolah”. Jurnal Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV, (hlm.192-193).
Isya, Muhammad Andi. 2017. “Pengembangan model pembelajaran instruksional design dengan model ADDIE mata pelajaran PAI pada materi mengulang-ulang hafalan Surah Al Ma’un dan al Fil secara klasikal, kelompok dan individu kelas V SDN Gedongan 2 Kota Mojokerto”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Volume 7, Nomor (1).
Jampel, I Nyoman dan Kadek Riza Puspita. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual”. International Journal of Elementary Education, Volume 1, Nomor (3) pp. 197-102.
Juniantari, Made, dkk. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Siswa Smp Kelas VII Dengan Seting Model Kooperatif Murder”. Jurnal Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V.
Lasmawan, Wayan.2016. Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
Lestari, Ni Ketut Trianti, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS”. Journal of Education Research and Evaluation, Vol. 1, No. 4 (hlm. 290-297).
Malik, Farmawaty. 2016. “Peranan Kebudayaan Dalam Pencitraan Pariwisata Bali”. Jurnal Kepariwisataan Indonesia. Volume 11, Nomor (1).
Muchayat. 2011. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Ideal Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter”. Jurnal PP, Volume 1, Nomor (2).
Nizarwati, dkk. 2009. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Konstruktivisme Untuk Mengajarkan Konsep Perbandingan Trigonometri Siswa Kelas X SMA”. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor (2).
Pitriani, Ni Wayan. Dkk. 2013. “Model Pembelajaran PBI Berbasis Kebudayaan Bali Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus III Sukawati”. Mimbar PGSD Undiksha. Vol. 1. No. 1 (hlm.4).
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Rachmawati, Nugraheni, dkk. 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Outdoor Learning”. Journal of Primary Educational, Volume 2, Nomor (2).
Rando, Agnes Remi. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dalam Implementasi Strategi Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi”. Jurnal Pendidikan, Volume 1, Nomor (1).
Sari, Bintari Kartika. 2017. “Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Tegeh, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tia, Lestari Kadek. Dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SD”. Mimbar PGSD Undiksha. Vol. 1. No. 1 (hlm.2).
Wiguna, I Kd. Adi, dkk. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Gugus III Kecamatan Rendang”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor (1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)