Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27360Keywords:
Meta-analisis, efect size, model numbered heads together, hasil belajarAbstract
Hasil penelitian yang dilakukan tidak banyak dirangkum atau di uji kembali untuk mengetahui keefektifan hasil suatu penelitian tersebut. Penelitian ini berbasis kepustakaan dengan metode meta-analisis terbaru mengenai model Numbered Heads Together pada pembelajaran IPA di jenjang pendidikan sekolah dasar belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model numbered heads together terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel penelitian ini adalah sepuluh artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014-2020 pada jenjang sekolah dasar. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 0,984, sehingga dikategorikan berefek besar yaitu 0,984 ≥ 0,8. Sehingga rata-rata tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model Numbered Heads Together secara keseluruhan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar IPA siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together sangat cocok digunakan pada pembelajaran IPA, dikarenakan besar pengaruh model numbered heads together ada pada kategori besar dan sedang . Tentu hal tersebut didukung oleh manfaat dari model pembelajaran Numbered Heads together itu sendiri, yaitu penerimaan terhadap individu menjadi lebih besar, kepekaan dan toleransi, hasil belajar lebih tinggi, rasa harga diri menjadi lebih tinggi dan pemahaman yang lebih mendalam.
References
Djatikusumo, K. N. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan dan Pendidikan Keuangan terhadap Perilaku Keuangan, Sebuah Meta Analisis. In Jurnal Seminar Nasional Akuntansi (Vol. 2, No. 1, pp. 13-21).
Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. 2016. Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265-275.
Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Handayani, M. W., Swistoro, E., & Risdianto, E. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3 Desember), 36-44.
Hapsari, A. E. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9.
Kusumawati, H., & Mawardi, M. 2016 . Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 251-263.
Mulyatiningsih, E. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.
Natalia, N., Kristin, F., & Anugraheni, I. 2019. Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SD Gugus Joko Tingkir. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1), 1-11.
Nur, M. I., & Salam, M. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 99-112.
Nurdyansyah, N. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Ramanda, V. A. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dalam Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Harapan Jaya Sukarame Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Rofiqoh, F., Mahardika, I. K., & Yushardi, Y. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendekatan Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 198-203.
Sari, N. K. T. N., Suniasih, N. W., & Wiarta, I. W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Question Cards Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Sayekti, I. C. 2015. Peran pembelajaran IPA di sekolah dalam membangun karakter anak.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Suastra, I. W. 2017. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha Press.
Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Tela, T., Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 5(01), 114-123.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 213-222.
Witari, I. G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Di Sdn Gugus I Kecamatan Sawan. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)