Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Made Kembar Nesa Sariawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27360

Keywords:

Meta-analisis, efect size, model numbered heads together, hasil belajar

Abstract

Hasil penelitian yang dilakukan tidak banyak dirangkum atau di uji kembali untuk mengetahui keefektifan hasil suatu penelitian tersebut. Penelitian ini berbasis kepustakaan dengan metode meta-analisis terbaru mengenai model Numbered Heads Together  pada pembelajaran IPA di jenjang pendidikan sekolah dasar belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model numbered heads together terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel penelitian ini adalah sepuluh artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014-2020 pada jenjang sekolah dasar. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 0,984, sehingga dikategorikan berefek besar yaitu  0,984 ≥ 0,8. Sehingga rata-rata tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model Numbered Heads Together secara keseluruhan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar IPA siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together sangat cocok digunakan pada pembelajaran IPA, dikarenakan besar pengaruh model numbered heads together ada pada kategori besar dan sedang . Tentu hal tersebut didukung oleh manfaat dari model pembelajaran Numbered Heads together itu sendiri, yaitu  penerimaan terhadap  individu menjadi  lebih  besar,  kepekaan  dan  toleransi, hasil belajar lebih tinggi, rasa  harga  diri menjadi  lebih  tinggi dan pemahaman  yang  lebih mendalam.

Author Biographies

Made Kembar Nesa Sariawan, Universitas Pendidikan Ganesha

prodi PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha

Kadek Yudiana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Gede Wira Bayu, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Djatikusumo, K. N. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan dan Pendidikan Keuangan terhadap Perilaku Keuangan, Sebuah Meta Analisis. In Jurnal Seminar Nasional Akuntansi (Vol. 2, No. 1, pp. 13-21).

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. 2016. Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265-275.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Handayani, M. W., Swistoro, E., & Risdianto, E. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3 Desember), 36-44.

Hapsari, A. E. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9.

Kusumawati, H., & Mawardi, M. 2016 . Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 251-263.

Mulyatiningsih, E. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Natalia, N., Kristin, F., & Anugraheni, I. 2019. Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SD Gugus Joko Tingkir. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1), 1-11.

Nur, M. I., & Salam, M. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 99-112.

Nurdyansyah, N. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Ramanda, V. A. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dalam Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Harapan Jaya Sukarame Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Rofiqoh, F., Mahardika, I. K., & Yushardi, Y. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendekatan Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 198-203.

Sari, N. K. T. N., Suniasih, N. W., & Wiarta, I. W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Question Cards Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Sayekti, I. C. 2015. Peran pembelajaran IPA di sekolah dalam membangun karakter anak.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Suastra, I. W. 2017. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha Press.

Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Tela, T., Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 5(01), 114-123.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 213-222.

Witari, I. G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Di Sdn Gugus I Kecamatan Sawan. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2)

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Sariawan, M. K. N., Yudiana, K., & Bayu, G. W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 325–333. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27360

Issue

Section

Articles