Pengembangan Preventive E-Education Berbasis Aplikasi Play Store untuk Membatasi Dependensi pada Asupan Gula, Garam, dan Lemak

Authors

  • Rr. Siti Alisa Nur Zubaidah Kepala Tenaga Administrasi Sekolah, Sekolah Dasar Negeri Kesatrian 2 Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24526

Keywords:

Preventive, E-Education, Aplikasi Play Store

Abstract

Tingkat konsumsi gula, garam dan lemak masyarakat Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya terbukti berdasarkan Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013, masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi gula berlebih sebanyak 53,1%, masyarakat yang mengkonsumsi garam berlebih sebanyak 26,2% dan sebanyak 40,7% mengkonsumsi lemak berlebih. Hal ini sesuai dengan data kuesioner bahwa 61,2% masyarakat dewasa muda khususnya para pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Malang tidak mengetahui Pedoman Gizi Seimbang serta 71.6% tidak mengetahui batasan konsumsi gula, garam dan lemak perharinya. Terjadinya peningkatan konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih dan kurangnya pengetahuan tentang pedoman gizi seimbang tersebut dikarenakan masyarakat belum mengetahui edukasi berbasis aplikasi tentang pedoman gizi seimbang secara luas; belum ada tindakan preventif pada asupan gula, garam, dan lemak; sosialisasi tentang pedoman gizi seimbang hanya diberikan kepada masyarakat secara tatap muka sekali dan tidak ada tindak lanjut ataupun umpan balik setelah melakukan sosialisasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan preventive e-education berbasis aplikasi Play Store yang layak, praktis, dan efektif untuk membatasi dependensi pada asupan gula, garam, dan lemak. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan 4 tahapan yang terdiri dari: (1) Tahap analyze, (2) Tahap design, (3) Tahap development, (4) Tahap implementation. Tahap evaluate tidak dilakukan oleh peneliti karena keterbatasan waktu. Validasi produk oleh ahli materi, bahasa, ahli media. Uji coba produk mengukur respon kepala sekolah dan 50 guru di SD negeri dan swasta se-gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Instrumen observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi pada ahli materi memperoleh nilai rata-rata 85,7%, ahli media memperoleh nilai rata rata 93,5%, ahli bahasa memperoleh nilai 91%. Hasil angket oleh guru memperoleh 87,6%. Uji coba terbatas pada guru kelas V memperoleh 95%. Dengan demikian, preventive e-education berbasis aplikasi Play Store layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai edukasi preventif untuk membatasi dependepnsi pada asupan gula, garam, dan lemak kepala sekolah dan guru di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta se-gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang.

References

Abdul, Gafur. 2012. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Abdurahman, Riswaya. 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech dan Bisnis.

Amir, M. T. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta : Kencana

Anwari, M., Vidyawati, R., Salamah, R., Refani, M., Winingsih, N., Yoga, D., … Susanto, T. (2018). Pengaruh Senam Anti Hipertensi Lansia Terhadap Penurunan Tekanan Darah Lansia Di Desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember. The Indonesian Journal of Health Science, (September), 160. https://doi.org/10.32528/ijhs.v0i0.1541

Aoun, J.E. 2017. Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. US: MIT Press.

Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Nusantara Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arizal, H., Januarsa, A., & Fadhila, E. (2018). Perancangan Motion Graphic Dalam Membatasi Konsumsi Gula, Garam Dan Lemak Bagi Dewasa Muda. Jurnal Rekamana Institut Teknologi Nasional, 1–15.

Ayu, F. (2009). Pengembangan Media Pendidikan Untuk Inovasi Pembelajaran. 1(2), 2–6.

Balan, Y. A. (2017). Pengembangan Model Computer-Based Test (CBT) Berbasis Adobe Flash untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 36–44.

Esther Oduntan, O., Adepoju Adeyanju, I., Olatunde Olabiyisi, S., & Olusayo Omidiora, E. (2015). Evaluation of N-gram Text Representations for Automated Essay-Type Grading Systems. International Journal of Applied Information Systems, 9(4), 25–31. https://doi.org/10.5120/ijais15-451394

Hartono, S. R. (2015). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN. 2.

Hidayah, L., Nurazizah, Y., & Rahmawati, I. (2019). Pengembangan media edukasi kesehatan berbasis e-book. Seminar Nasional Teknologi Dan Informatika, 57–62.

Kirna, I. M. (2012). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DENGAN ADDIE MODEL. 2.

Kreano, J. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Masturah. (2018). PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEKOLAH DASAR Setiap warga negara Indonesia. 9, 215–225.

As’ari, A. R. (2014). Mengupayakan Pembelajaran Yang Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013. Seminar Pendidikan, (September 2014). https://doi.org/10.13140/2.1.1389.2644

Balan, Y. A. (2017). Pengembangan Model Computer-Based Test (CBT) Berbasis Adobe Flash untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 36–44.

Blogger, B., Mtsn, D. I., & Jember, A. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan. 2(2), 145–155.

Esther Oduntan, O., Adepoju Adeyanju, I., Olatunde Olabiyisi, S., & Olusayo Omidiora, E. (2015). Evaluation of N-gram Text Representations for Automated Essay-Type Grading Systems. International Journal of Applied Information Systems, 9(4), 25–31. https://doi.org/10.5120/ijais15-451394

Hartono, S. R. (2015). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN. 2.

Kirna, I. M. (2012). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DENGAN ADDIE MODEL. 2.

Kreano, J. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Masturah. (2018). PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEKOLAH DASAR Setiap warga negara Indonesia. 9, 215–225.

Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD. 1, 1–15.

Nugroho, K. U. Z., Darmi, Y., & Soneta, A. (2017). Pengaruh Penerapan E-Evaluation Dalam Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Matematika Sma Kota Bengkulu. None, 2(2), 151–154.

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 61.

Pringsewu, S. M. A. N. (2018). Jurnal Informasi dan Komputer Volume 6 Nomor 1 2018 Jurnal Informasi dan Komputer Volume 6 Nomor 1 2018. 6, 20–30.

Prodi, M., Sains, P., Universitas, P., & Surabaya, N. (2013). PENGARUH E-EVALUATION BERSIKLUS TERHADAP. 3(1), 299–305.

Purnama, I. (2017). PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA OLEH. 1–8.

Racma, D. F. (2015). DENGAN METODE PENGACAKAN BANK SOAL PADA MATERI JARINGAN KOMPUTER 1 MENGGUNAKAN. 4(4), 14–23.

Rahman, B. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI FLASH PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMK WALISONGO 2 GEMPOL Subuh Isnur Haryudo. (1).

Rhomdani, R. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Blogmath (Bligger & Mathjax). Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145–155.

Sabil, S. dan H. (2012). Edumatica Volume 02 Nomor 02, Oktober 2012. 02, 57–67.

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4 . 0 Industrial Revolution On Ecosystem Material for High School Students Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4 . . 5(2), 131–138.

Studi, P., Pembelajaran, T., & Pascasarjana, P. (2012). I Made Candiasa Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Undiksha.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15, 22.

Widyastuti, M., Studi, P., & Bahasa, P. (2018). PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK HOT POTATOES PADA. 5(3), 213–218.

Yasa, A. D. (2018). Pengembangan Modul Tematik Berbasis STM (SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT). 6(April), 21–26.

Downloads

Published

2020-04-22

How to Cite

Zubaidah, R. S. A. N. (2020). Pengembangan Preventive E-Education Berbasis Aplikasi Play Store untuk Membatasi Dependensi pada Asupan Gula, Garam, dan Lemak. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24526

Issue

Section

Articles