ANALISIS PENERAPAN GERAKAN MEMBACA BERSAMA DI SDN WONOLOPO 02 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24768Keywords:
Analisis, Membaca Bersama, SDN Wonolopo 02Abstract
Analisis Penerapan Gerakan Membaca Bersama di SDN Wonolopo 02 Semarang. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan kegiatan membaca bersama di SDN Wonolopo 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini melalui observasi,wawancara, angket, dan dokumentasi. Subyek yang di ambil dalam penelitian ini yakni SDN Wonolopo 02 Semarang dengan sampel yang diambil dari populasi yang benar-benar representatif (mewakili) atau guru sudah memilih 5 siswa kelas rendah dan kelas tinggi untuk mewakali di SDN Wonolopo 02 Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil observasi, wawancara dan angket pelaksanaan gerakan membaca bersama pada tahapan awal sudah sangat baik dengan rata-rata skor 100%. Pada aspek sarana dan prasarana mencapai prosentase 100% respon positif. Sedangkan tahapan pembiasaan diperoleh hasil 90%. Sebagai optimalisasi minat baca 100% siswa di SDN Wonolopo 02 Mijen sudah memilih buku yang disukai dalam pelaksanaan kegiatan membaca bersama.Dapat disimpulkan bahwa pelaksaan kegaitan membaca bersama di SDN Wonolopo 02 Mijen sudah berjalan baik.
References
Abidin,Yunus,dkk. 2018. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta:Bumi Aksara.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Bandung: Raja Grafika Persada.
Darmiatun, Suyatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta:Gavemedia.
Endraswara,Suwardi.2017.Literasi Sastra:Teori,Model, dan Terapan.Yogyakarta:morfalingua.
Fajarini, Ulfah. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Penamas. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah Jakarta.
Faradina, Nindya. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SD Islam Terpadu Muhamadiah An-Najah Jatinom Klaten.Jurnal Hanata Widya. Universitas Negeri Yogyakarta.
Gunawan, Imam. 2014. Metodelogi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.
H.G. Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Bumi Aksara.
Moleong Lexy J., 2017.Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Priyatni, Tri dan Endah., 2010. Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis.Jakarta:Sinar Grafika Offset.
Rahmawati Laila. (2016). Sosialisai Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. http://id.uin-antasari.ac.id/7594/1/Sosialisai implemtansi Gerakan Literasi Sekolah.Pdf110 April 2019 ,(21:30)
Retno, Wulandari (2017). Implemnetasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 5 Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-indonesia/article/view/58628 . 10 April 2019 ,(21:55)
Satori,Dr.Djam’an Satori dan Komariah, Aan. 2017. Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: Alfabeta.
Sareb Putra, R. Masri. 2008 . Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta : PT Macanan Jaya Cemerlang.
Toharun,Uus,dkk. 2011.Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung:Anggota IKAPI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)