ANALISIS PENERAPAN GERAKAN MEMBACA BERSAMA DI SDN WONOLOPO 02 SEMARANG

Authors

  • Garda Perkasha PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24768

Keywords:

Analisis, Membaca Bersama, SDN Wonolopo 02

Abstract

Analisis Penerapan Gerakan Membaca Bersama di SDN Wonolopo 02 Semarang. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan kegiatan membaca bersama di SDN Wonolopo 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.  Metode pengumpulan data penelitian ini melalui observasi,wawancara, angket, dan dokumentasi. Subyek yang di ambil dalam penelitian ini yakni SDN Wonolopo 02 Semarang dengan sampel yang diambil dari populasi yang benar-benar representatif (mewakili) atau guru sudah memilih 5 siswa kelas rendah dan kelas tinggi untuk mewakali di SDN Wonolopo 02 Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil observasi, wawancara dan angket pelaksanaan gerakan membaca bersama pada tahapan awal  sudah sangat baik  dengan rata-rata skor 100%. Pada aspek sarana dan prasarana mencapai prosentase 100% respon positif. Sedangkan tahapan pembiasaan diperoleh hasil  90%. Sebagai optimalisasi minat baca 100% siswa di SDN Wonolopo 02 Mijen sudah memilih buku yang disukai dalam pelaksanaan kegiatan membaca bersama.Dapat disimpulkan bahwa pelaksaan kegaitan membaca bersama di SDN Wonolopo 02 Mijen sudah berjalan baik.

 

 

References

Abidin,Yunus,dkk. 2018. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta:Bumi Aksara.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Bandung: Raja Grafika Persada.

Darmiatun, Suyatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta:Gavemedia.

Endraswara,Suwardi.2017.Literasi Sastra:Teori,Model, dan Terapan.Yogyakarta:morfalingua.

Fajarini, Ulfah. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Penamas. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah Jakarta.

Faradina, Nindya. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SD Islam Terpadu Muhamadiah An-Najah Jatinom Klaten.Jurnal Hanata Widya. Universitas Negeri Yogyakarta.

Gunawan, Imam. 2014. Metodelogi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

H.G. Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Bumi Aksara.

Moleong Lexy J., 2017.Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Priyatni, Tri dan Endah., 2010. Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis.Jakarta:Sinar Grafika Offset.

Rahmawati Laila. (2016). Sosialisai Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. http://id.uin-antasari.ac.id/7594/1/Sosialisai implemtansi Gerakan Literasi Sekolah.Pdf110 April 2019 ,(21:30)

Retno, Wulandari (2017). Implemnetasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 5 Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-indonesia/article/view/58628 . 10 April 2019 ,(21:55)

Satori,Dr.Djam’an Satori dan Komariah, Aan. 2017. Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: Alfabeta.

Sareb Putra, R. Masri. 2008 . Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta : PT Macanan Jaya Cemerlang.

Toharun,Uus,dkk. 2011.Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung:Anggota IKAPI.

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Perkasha, G. (2020). ANALISIS PENERAPAN GERAKAN MEMBACA BERSAMA DI SDN WONOLOPO 02 SEMARANG. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 75–80. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24768

Issue

Section

Articles