PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778Keywords:
Multimedia Interaktif, Adobe Flash Player CCAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan multimedia interaktif dengan Adobe Flash Player CC , pada mata pelajaran Matematika kompetensi dasar Memahami sifat-sifat Bangun Datar, hubungan antar Bangun Datar, dan rumus Bangun Datar dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan multimedia interaktif. Serta untuk menciptakan suatu media yang dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri dirumah. Tahap pengembangan dilakukan dengan metode pengembangan 4D meliputi Pendefinisian (define), Perencanaan (design), Pengembagan (develop), dan Penyebaran (Disseminate) melalui ujicoba terbatas pada 10 siswa dan ujicoba lebih luas seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sampetan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif dikembangkan layak digunakan, dinilai dari segi pakar media, matei dan pembelajaran mendapat rata-rata hasil baik dan cukup, secara hasil diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari 60 menjadi 85, efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan waktu yang dibutuhkan hanya 1 kali pertemuan untuk menyampaikan materi, dan selebihnya digunakan untuk latihan soal dan penugasan, serta memiliki daya tarik bagi siswa dengan kemenarikan 85%. dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dibuat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi Bangun Datar.
References
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Hamdani. (2010), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia
Musfiqon. (2012), Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta. PT. Prestasi Pustakarya.
Rani Kristina Dewi (2011).“Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika “Math-Tainment” Materi Pokok Garis dan Sudut untuk SMP Kelas VII”, Lambung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.
Sanjaya, Rangga. (2016), Multimedia Interaktif Pelatihan Service Excellent Menggunakan Pendekatan Story Based Learning, Jurnal Informatika, Volume III No.1, April 2016: 101-102).
Trianto. (2010). mendesain pembelajaran innovatif-progresif, American Juornal of Education Reserch, vol 3 no.10, 1298-1312.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)