Kontribusi Pelatihan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24779Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyaknya guru yang kurang memahami penilaian menggunakan tiga aspek yaitu: pengetahuan, keterampilan dan sikap. Hal tersebut terlihat dari masih banyaknya guru yang kesulitan dalam melaksanakan penilaian sikap siswa melalui rubrik penilaian sikap, perubahan pola pikir guru juga menjadi hal yang sulit untuk diubah, hal ini dikarenakan guru sudah lama mengajar dengan kurikulum KTSP, namun dituntut untuk mengubahnya pada kurikulum baru yaitu kurikulum 2013, sehingga dibutuhkan pelatihan maupun sosialisasi kurikulum 2013 secara berkelanjutan. Selanjutnya model pembelajaran learning direct instruction yang masih kurang maksimal dilaksanakan oleh guru, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran sebagai alat pendukung pembelajaran, sehingga pembelajaran yang dilaksanakan SMKN 1 Sumbar kurang bervariasi. Tujuan penelitian yaitu untuk menjelaskan hubungan pelatihan guru dengan implementasi kurikulum 2013 di SMKN 1 Sumbar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan pelatihan guru dengan implementasi kurikulum 2013 di SMK 1 Sumbar dengan persentase kontribusi sebesar 79,9%.
References
Kemendikbud. 2014. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Rineka Cipta.
Qomariyah. 2014. Pendidikan dan Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 27 Sendawar Kabupaten Kutai Barat. eJournal Administrative Reform. Vol 2 (3): 1811-1823.
Mery. 2015. Implementasi Kurukulum 2013 ditinjau dari Kesiapan Guru Mengajar Simulasi Digital di SMKNegeri Kota Payakumbuh. Tesis: Universitas Negeri Padang.
Binti, M. 2011. Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Proses Pembelajaran Berbasis KTSP pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII di MTsN Malang III. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)