PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA PEMROGRAMAN DASAR PASCAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24782Keywords:
Android, Media pembelajaran, Pemrograma dasar pascalAbstract
Selama ini pembelajaran Pemrograman Dasar Pascal kelas X di SMK Negeri 9 Semarang belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran tersebut dan mengetahui kelayakan,perbedaan hasil belajar siswa dan pengembangan dari media pembelajaran yang dikembangkan.Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain atau perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 9 Semarang dengan melibatkan 35 responden pada bulan september 2019 untuk mengetahui tingkat kelayakan dan peningkatan hasil belajar media pembelajaran berbasis Android ini. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Android Pemrograman pascal untuk siswa kelas X oleh ahli media 1 diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media 2 diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 76% dengan kategori “Layak”.Oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 76,56% dengan kategori “ Layak”, oleh guru mata pelajaran diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 77,47% dengan kategori “Layak”, dan pengujian oleh peserta didik diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 81,4% dengan kategori “Sangat Layak”. Rata-rata keseluruhan responden sebesar 80,8% dengan kategori “Layak” sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan “Layak” digunakan. Sedangkan pada kemampuan Aplikasi Media pembelajaran berbasis android pada pemrograman dasar pascal untuk siswa kelas X RPL SMK Negeri 9 Semarang dengan model pembelajaran discovery learning mengalami perbedaan yang signifikan yang di dukung dengan uji-t, dibandingkan dengan pembelajaran tanpa aplikasi edukatif berbasis android.
References
Al-emran, Musofa, dkk. 2016. Investigating Attitudes Towards The Use of Mobile Learning in Higher Education. Elsevier Ltd.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Biddle, B. J., & Rossi, P. H. (1966). The new Media and Education. Chicago: Aldine Publ.
Eko Putro Widoyoko. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunarti dan Selly Rahmawati. 2014. Penilaiandalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Andi Offset
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R n D.Bandung: CV.Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Zainal Arifin. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)