PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA PEMROGRAMAN DASAR PASCAL

Authors

  • Taufan Anwari Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi
  • Ali Shodiqin Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi
  • Andi Priyolistiyanto Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24782

Keywords:

Android, Media pembelajaran, Pemrograma dasar pascal

Abstract

Selama ini pembelajaran Pemrograman Dasar Pascal kelas X di SMK Negeri  9 Semarang belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran tersebut dan mengetahui kelayakan,perbedaan  hasil belajar siswa dan pengembangan dari media pembelajaran yang dikembangkan.Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain atau perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 9 Semarang dengan melibatkan 35 responden pada bulan september 2019 untuk mengetahui tingkat kelayakan dan peningkatan hasil belajar media pembelajaran  berbasis Android ini. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Android  Pemrograman pascal untuk siswa kelas X  oleh ahli media 1 diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media 2 diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 76% dengan kategori “Layak”.Oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 76,56% dengan kategori “ Layak”, oleh guru mata pelajaran diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 77,47% dengan kategori “Layak”, dan pengujian oleh peserta didik diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 81,4% dengan kategori “Sangat Layak”. Rata-rata keseluruhan responden sebesar 80,8% dengan kategori “Layak” sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan “Layak” digunakan. Sedangkan pada kemampuan Aplikasi Media pembelajaran berbasis android pada pemrograman dasar pascal untuk siswa kelas X RPL SMK Negeri 9 Semarang dengan  model pembelajaran discovery learning mengalami perbedaan yang signifikan yang di dukung dengan uji-t, dibandingkan dengan pembelajaran tanpa aplikasi edukatif berbasis android.

References

Al-emran, Musofa, dkk. 2016. Investigating Attitudes Towards The Use of Mobile Learning in Higher Education. Elsevier Ltd.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Biddle, B. J., & Rossi, P. H. (1966). The new Media and Education. Chicago: Aldine Publ.

Eko Putro Widoyoko. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunarti dan Selly Rahmawati. 2014. Penilaiandalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Andi Offset

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R n D.Bandung: CV.Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Zainal Arifin. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2020-05-27

How to Cite

Anwari, T., Shodiqin, A., & Priyolistiyanto, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA PEMROGRAMAN DASAR PASCAL. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 123–134. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24782

Issue

Section

Articles