PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN KERJA GURU

Authors

  • Gusti Ayu Kusumawati UPT Kecamatan Blahbatuh Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24985

Keywords:

komitmen kerja guru, supervisi klinis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan komitmen kerja guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti kegiatan supervisi klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar  yang berjumlah 58 orang guru. Data komitmen kerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata komitmen kerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis secara efektif dapat meningkatkan komitmen kerja guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Pada pra siklus rerata komitmen kerja guru adalah 128,74 berada pada kategori sedang dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 67,24%. Pada siklus I rerata komitmen kerja guru adalah 145,98 berada pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 87,93%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rerata sebesar 180,45 berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 100%.

References

Agung, A.A Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ganesha.

Arikunto, Suharsini. 2006. Dasar-dasar Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Bolla J.I. 1985. Supervisi Klinis. Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: P3TK.

Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Pengajar (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.

Hoy W.K, Forsyth P.B. 1986. Effective Supervision,Theory into Practice. New York: Random House, Inc.

Karmanto. 2017. Supervisi Klinis: Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengajar di Wilayah MI Binaan Kecamatan Semin Gunungkidul Semester I Tahun 2016/2017. Jurnal pendidikan Madrasah Volume 3 Nomor 2.

Ma’mur Asmani, Jamal. 2012. Tisp Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta : DIVA Press.

Nuriati, Ni Wayan. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (Tai) Melalui Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Yang Inovatif. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 2 No.2

Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyasa, I Made. 2019. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran yang Efektif Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Mengikuti Alur Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha.

Tanama, Yulia Jayanti dkk. 2016. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Volume 1 Nomor 11.

Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Kusumawati, G. A. (2020). PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN KERJA GURU. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 117–122. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24985

Issue

Section

Articles