PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN KERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24985Keywords:
komitmen kerja guru, supervisi klinisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan komitmen kerja guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti kegiatan supervisi klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar yang berjumlah 58 orang guru. Data komitmen kerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata komitmen kerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis secara efektif dapat meningkatkan komitmen kerja guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Pada pra siklus rerata komitmen kerja guru adalah 128,74 berada pada kategori sedang dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 67,24%. Pada siklus I rerata komitmen kerja guru adalah 145,98 berada pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 87,93%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rerata sebesar 180,45 berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 100%.
References
Agung, A.A Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ganesha.
Arikunto, Suharsini. 2006. Dasar-dasar Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.
Bolla J.I. 1985. Supervisi Klinis. Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: P3TK.
Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Pengajar (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.
Hoy W.K, Forsyth P.B. 1986. Effective Supervision,Theory into Practice. New York: Random House, Inc.
Karmanto. 2017. Supervisi Klinis: Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengajar di Wilayah MI Binaan Kecamatan Semin Gunungkidul Semester I Tahun 2016/2017. Jurnal pendidikan Madrasah Volume 3 Nomor 2.
Ma’mur Asmani, Jamal. 2012. Tisp Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta : DIVA Press.
Nuriati, Ni Wayan. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (Tai) Melalui Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Yang Inovatif. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 2 No.2
Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyasa, I Made. 2019. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran yang Efektif Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Mengikuti Alur Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha.
Tanama, Yulia Jayanti dkk. 2016. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Volume 1 Nomor 11.
Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)