PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25011Keywords:
talking stick, question card, kompetensi pengetahuan IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitiaan eksperimen semu (quasy experimental design) dengan rancangan penelitian nonequivalen control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus I Mengwi yang berjumlah 6 kelas (187 siswa). Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No. 4 Cemagi dengan 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD No. 3 Cemagi dengan 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tentang kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata gain skor kelompok eksperimen X = 0.500 > X = 0.262 kelompok kontrol, selanjutnya melalui uji hipotesis diperoleh thitung = 9.231 > ttabel = 2.000 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 60 sehingga H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Card berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019.
References
Agung, A. A Gede. 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja. Undiksha.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Huda, Miftahul. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kompri. 2016. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lestari, Ni Ketut Trianti. 2017. Pengaruh Model Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha.
Mahartha, I Gede. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha.
Sari, Ni Km Tri Novita. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 5, no 2.
Setyosari, Punaji. 2015-halaman 164, 221. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:Prenadamedia Grup.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, Eka dan Wisudawati, Widi. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta. Bumi aksara.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia Grup.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)