KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI

Authors

  • Panglipur Nurani Wibowo Universitas PGRI Semarang
  • M. Arief Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25013

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2010. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Mendikdasem Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Faoziyah, Anik. 2012. Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Karangbesuki I Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Priyatno, Duwi. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Mediakom.

Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukini. 2012. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Kelas Rendah dan Pelaksanaannya. Klaten: UNWIDHA.

http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/292/241.

Oktober 2018. 06:28

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijayanti, Suci. 2009. Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dengan Metode Eksperimen pada Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV-B Semester 1 SDN Bareng I Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1-PGSD. Skripsi. Jurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Wibowo, P. N., Budiman, M. A., & Subekti, E. E. (2020). KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25013

Issue

Section

Articles