PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25015Keywords:
penerapan, model Picture and Picture, pembelajaran menulis teks deskripsi.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan keterampilan menulis masih rendah atau di bawah rata-rata pada siswa kelas VII SMP N 2 Kedu Temanggung, khususnya menulis teks deskripsi. Melihat kondisi tersebut, perlu diupayakan penggunaan model pembelajaran tertentu untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP N 2 Kedu Temanggung. Salah satunya dengan penerapan model Picture and Picture. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Picture and Picture dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP N 2 Kedu Temanggung tahun ajaran 2018/2019?. Ada pun tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan penerapan model Picture and Picture dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP N 2 Kedu Temanggung tahun ajaran 2018/2019.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta.
Arikunto. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Herdiansyah. 2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups. Jakarta:Rajawali Pers.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.
Bandung: Pustaka Setia.
Kokasih. 2014. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: yrama Widya
Hamid
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:BPFE.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Hery Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zainurrahmat. 2018. Menulis Dari Teori Hingga Praktik ( Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)