Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Bermediakan Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Putu Atika Dewi Universitas Pendidiikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidiikan Ganesha
  • Ni Ketut Desia Tristiantari Universitas Pendidiikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25031

Keywords:

IPA, kreativitas, mind mapping, SFAE

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran belum optimal, penggunaan media pembelajaran belum optimal karena guru kesulitan membuat media pembelajaran yang sesuai materi, pemahaman siswa terhadap materi IPA kurang, siswa kurang kreatif dalam mengemukakan gagasan untuk menyelesaikan masalah, siswa kurang kreatif menciptakan ide-ide baru, dan guru menjadi pusat perhatian dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining bermediakan mind mapping terhadap kreativitas belajar dan kompetensi pengetahuan IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment dengan desain penelitian non equivalent post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V gugus VIII Kecamatan Tabanan berjumlah 72 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang siswa dan dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Penilaaian unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kreativitas belajar dan tes pilihan ganda untuuk mengumpulkan data kompetensi pengetahuan IPA. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, uji-t, dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining bermediakan mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa (nilai signifikansi 0,000 < 0,05), (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining bermediakan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa (0,000 < 0,05), dan (3) secara simultan terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining bermediakan mind mapping terhadap kreativitas belajar dan kompetensi pengetahuan IPA siswa (0,00 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining bermediakan mind mapping berpengaruh terhadap kreativitas dan kompetensi pengetahuan IPA.

 


References

Adnyana, I. K. W. S., dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kpten Kompyang Sujana”. Volume 5, Nomor 3 (hlm 1-11).

Agung, A. A. G. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Delianti, P. I., dkk. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital”. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, Volume 6, Nomor 1 (hlm 115-122).

Kurniasih, I. dan B. Sani 2015.Ragam Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Yogyakarta: Kata Pena.

Samatowa, U. 2018. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sani, R. A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Santi, V. P., dkk. 2017. “Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar”. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, Volume 5, Nomor 2 (hlm 96-100).

Shoimin, A. 2017.68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sormin, M. A. 2016. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan”.Jurnal Eksakta, Volume 2, Nomor 1 (hlm 19-27).

Swadarna, D. 2013. Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Kompas Gramedia.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Angkasa.

Yaumi, M. 2014. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Dewi, N. P. A., Mahadewi, L. P. . P., & Tristiantari, N. K. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Bermediakan Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 107–116. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25031

Issue

Section

Articles