PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (T A I) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTAS BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Dewa Ayu Oka Naba SMP Negeri 1 Blahbatuh

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25209

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I), Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Blahbatuh di Kelas IX F yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I). Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I). Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 67,94 pada siklus I meningkat menjadi 72,56 dan pada Siklus II meningkat menjadi 80,51. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I).

References

Adnyani, Nyoman. 2002. Kelemahan-kelemahan Peneriman Siswa SMP yang Beracuan pada NUAN. Makalah yang Disampaikan dalam Seminar Ilmiah Universitas Mahasaraswati, Septermber 2003.

Agung, A.A. Gede. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP Singaraja.

Ali, MS. 2002. Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Beberapa Faktor Psikologis.Disertasi.IKIP. Jakarta.

Alien, Deborah .et-al 1996.The Power of Problem Based Learning in Teaching Introductory Science Courses. Jossey-Boss Publisher.

Amien, Moh. 1996. Perkembangan Intelektual Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 3 No. 4. Jakarta: LTPTK dan ISP.

Anastasi, Anne. 1976. Psychological Testing. Fifth Edition. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Anom.2000. Profesionalisme Guru Fisika dalam Menghadapi Tantangan Era Global.Makalah.Disampaikan pada Seminar dalam Rangka HUT ke 36 Jurusan Fisika STKIP Singaraja pada 1 hari Minggu 5 Nopember 2000.

Ardana, Nengah. 1999. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Pemberian Tugas dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Fisika pada Siswa SMP Negeri 1 Denpasar. Skripsi.IKIP Mahasaraswati Tabanan.

Arief Furchan. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Ariestika, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 3 No: 1 Tahun: 2015.

Firmansyah, Dani. 2015. Engaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015.

Rusmiati. 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo . UTILITY : Jurnal ilmiah pendidikan eknomi Volume 1, No. 1, Februari 2017: Page 21-36

Suharsimi, Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Yuliantari, Ni Luh Putu. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK N 1 Sukasada, Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE) Volume: 7 Nomor: 2 Tahun: 2016.

Downloads

Published

2020-06-04

How to Cite

Naba, D. A. O. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (T A I) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTAS BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 142–148. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25209

Issue

Section

Articles