Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26435Keywords:
snowball throwing, audio visual, pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus RA Kartini tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent control group design terhadap 36 siswa kelas VA SD Negeri 19 Pemecutan sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas V SD Negeri 15 Pemecutan sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan 30 soal Pilihan Ganda Biasa yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pembelajaran pada kelas eksperimen melalui model snowball throwing berbantuan media audio visual dan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol diberikan sebanyak 6 kali. Rata – rata nilai pada kelompok eskperimen setelah diberikan perlakuan yakni 74,04 ± 10,30 dan rata – rata kelompok kontrol 54,78 ± 11,96. Kedua data dinyatakan berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan uji-t yang memperoleh hasil thitung = 6,867 ttabel = 2,000 dalam taraf signifikansi 5% dengan dk = 33 + 30 – 2 = 61. Berdasarkan perhitungan uji t tersebut maka dapat ditarik simpulan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian ini membuktikan bahwa model snowball throwing berbantuan media audio visual baik diterapkan dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan pengetahuan siswa pada muatan materi IPA.References
Agustina, E. T. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Membuat Produk Kria Kayu. IX(1), 17–28. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Invotec/Article/Viewfile/4881/3421
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah (Teori Dan Praktik) (Hal. Xii + 492 Hlm). CV Pilar Nusantara.
Akhiriyah, D. Y. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang, 1, 206–219. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Kreatif/Article/View/1682
Ayu, P. D., Parmiti, D. P., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V2i1.3603
Dantes, N. (2014). Landasan Pendidikan Tinjauan Dari Dimensi Makropedagogis. Graha Ilmu.
Dewi, P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Gugus Sri Kandi Kecamatan Denpasar Timur. 1–10. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JJPGSD/Article/View/924
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. 104–117.
Hakim, A. H. R., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengaruh Perpaduan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika. 01(2), 11–20.
Handayani, T., Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., Papua, M., & Indonesia, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula: Journal Of Teaching And Learning, 2(1), 47–58. Http://Ejournal.Lldikti10.Id/Index.Php/Curricula/Article/Viewfile/1543/666
Hardini, A. T. A., & Akmal, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 223–245. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/271606-Penerapan-Metode-Snowball-Throwing-Berba-63d597b9.Pdf
Hartinnah, S. (2008). Perkembangan Peserta Didik (A. Saridewi (Ed.); Pertama). PT Refika Aditama.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. 3. Https://Www.Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id/Index.Php/Intel/Article/View/197
Irma, A., & Susilo, S. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Menggunakan Snowball Throwing Media Audio Visual Kelas Iv. Joyful Learning Journal, 2(3), 70–77. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jlj/Article/View/2097
Kamela, T. (2015). Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesa Vol. 3 No. 1 Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JEU/Article/View/5596
Kurnia, I. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Journal Of Elementary Education, 2(2), 25–29. Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jee
Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.21154/Ibriez.V2i1.19
Laindjong, S. N., Alibasyah, L. M. P., & Paudi, I. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas V SDN 05 Biau. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(3), 51–62. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/111807-ID-Meningkatkan-Hasil-Belajar-Siswa-Pada-Pe.Pdf
Novita, F. (2018). Pisa Dan Literasi Indonesia. Kompasiana. Https://Www.Kompasiana.Com/Frncscnvt/5c1542ec677ffb3b533d6105/Pisa-Dan-Literasi-Indonesia?Page=All
Oktaviani, Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89–97. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JISD/Article/View/17662
Pahyanti, N. (2013). Peningkatan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model Snowball Throwing Pada Siswa YPP Purworejo Kelas X TM C. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika, 5(1), 26–33. Http://202.91.10.52/Index.Php/Ekuivalen/Article/View/699
Primayana, K. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 9(2), 72–79. Http://119.252.161.254/E-Journal/Index.Php/Jurnal_Ipa/Arti cle/View/2905
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JJPGSD/Article/View/3087
Sandi, I. K., Suwatra, I. W., & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD. 2(1), 1–10. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JJPGSD/Article/View/3203
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar (Pertama). PT Raja Grafindo Persada.
Santiasih, N. L. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Santiasih, N. L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/122294-ID-Pengaruh-Model-Pembelajaran-Inkuiri-Terb.Pdf
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (KR Rose (Ed.); Pertama). Ar-Ruzz Media.
Sri Wuryastuti. (2008). Inovasi Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(April), 2. Http://103.23.244.11/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_9-April_2008/Inovasi_Pembelajaran_IPA_Di_Sekolah_Dasar.Pdf
Sulfemi, Bagja, W., & Nurhasanah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal Of Elementary Education., 1(1), 47. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V1i1.19334
Sulfemi, W. B., & Nurhasanah. (2018). Pengggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158.
Sunistini Luh, Arini, N. W., & Margunayasa, I. G. (2013). Penerapan Model Snowball Throwing Berbantuan Media Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SD No 1 Petandakan. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JJPGSD/Article/View/870/742
Susanti, K. A., Suadnyana, I. N., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus Gusti Ngurah Rai Denpasar. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Ganesha, 2(1), 1–10.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Pertama). Kencana.
Tuslina, T. (2015). Peranan Ilmu Pengetahuan Alam Dan Teknologi Dalam Memenuhi Kebutuhan Kehidupan Manusia. Https://Www.Kompasiana.Com/Tanamilmu/55107aed813311d438bc675b/Peranan-Ilmu-Pengetahuan-Alam-Dan-Teknologi-Dalam-Memenuhi-Kebutuhan-Kehidupan-Manusia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)