Pengaruh Model Team Games Tournament Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26434Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model team games tournament berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan nonequivalent pretest-posttes control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati, dengan jumlah 206 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling kelas IV SDN 4 Sumerta sebagai kelas eksperimen dan SDN 11 Sumerta sebagai kelas kontrol, dengan jumlah sampel 74 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dengan instrumen tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji t. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa pilihan ganda yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varian, data yang dianalisis pada penelitian ini yaitu data posttest yang merupakan kompetensi pengetahuan IPA siswa, namun terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan kolmogorov-smirnov dan homogenitas dengan rumus fisher. Berdasarkan analisis uji t dengan (dk = 36 + 38 = 74 – 2 = 72) pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 5.750 dan untuk ttabel = 1.993 dan untuk taraf signifikasi 5% dengan Dk = 72 diperoleh tabel = 1.993. Dengan demikian nilai thitung > ttabel yakni 5.750 > 1.993 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Team Games tournament berbantuan media lingkungan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020. Jadi berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Team Games Tournament berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV siswa SD Negeri Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020.
References
Adnyana, Surya, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. Volume 5 No. 3 Tahun 2017. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, Tersedia pada:
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/12426 (diakses tanggal 04 Mei 2020)
Agung, A. A. Gede. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Baktini, L.W., Rahayu, T.S. dan Wasitohadi, W. 2019. “Pengaruh Model Team Games Tournament dan Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Tersedia pada:
https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/943 (diakses tanggal 04 Mei 2020)
Candra, Yuni, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Letda Made Putra”. Volume 5 No. 2 Tahun 2017. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada:
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10658 (diakses tanggal 01 Januari 2020)
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Darmawati, D. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan Aktivitas Setting Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 002 Rambah Kabupaten Rokan Hulu”. Tersedia pada:
https://pdfs.semanticscholar.org/af77/564b2590a808fd436c6e46ab36da735c5663.pdf (diakses tanggal 04 Mei 2020)
Fikoyati, M.R., Maryadi, M., & Wijayanti A. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media TTS Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas III SD”. JS (Jurnal Sekolah). 2(3). 206-214.
Hamzah, Uno dan Nurdin, Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan P A I L K E M. Jakarta: Bumi Aksara.
Kumala, Dara, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA”. Volume 5 No. 2 Tahun 2017. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada:
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10802 (diakses tanggal 01 Januari 2020)
Kusumaningrum, P.C.A., Parmiti, D.P. dan Wibawa, I.M.C., 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014”.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4532 (diakses tanggal 04 Mei 2020)
Lestari, Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Oktarianingsih, Luh, dkk. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Visual Terhadap Kompetansi Pengetahuan IPA”. Volume 3 No. 3 Tahun 2019. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada:
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/18609
(diakses tanggal 01 Januari 2020)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permatasari, N.E., 2017. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Gambar”.
https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/54437860/1._Norhayati_Endah.pdf (diakses tanggal 04 Mei 2020)
Prawiti, A.E. dan Prihatni, Y., 2018. “Pengaruh Model Team Games Tournament Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. Tersedia pada:
http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/2239
(diakses tanggal 04 Mei 2020)
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Samatowa, Ahmad. 2016. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: PT Indeks.
Sudamayanto, K., Darsana, I.W. dan Putra, I.K.A., 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Medua Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SD N 1 Mundeh Kangin”.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4342 (diakses 04 Mei 2020)
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiantara, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Volume 1, Nomor 3 (hlm. 1-10).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+model+peMbelajaran+TTW+berbantuan+media+lingkungan+terhadap+penguasaan+kompetensi+pengetahuan+IPA+siswa+kelas+iv&btnG (diakses 04 Mei 2020)
Sumantri, M S. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Jakarta: Prenamedia Group
Wildan, Y.K. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 04 Tlagasana Pemalang”.
http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/sendika2018/send18/paper/view/2795 (diakses tanggal 04 Mei 2020)
Wulandari, S., 2018. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Teka Teki Silang (TTS) Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 101816 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018”.
http://digilib.unimed.ac.id/35039/ (diakses tanggal 04 Mei 2020)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)