Penerapan Media Video Animasi Bencana Alam Gunung Berapi (BELAGUPI) dengan Model Pembelajaran STAD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27189Keywords:
Mitigasi Bencana, Media Animasi, STADAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh aktifitas peserta didik dan hasil belajar yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan media video animasi Bencana Alam Gunung Berapi (BELAGUPI) dengan model pembelajaran STAD dapat diterapkan pada peserta didik kelas V SD N Mranggen 02 Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Pra-Experimental Designs (modesigns) rancangan One-Group Pretest-Posttest Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SD N Mranggen 02 Kabupaten Magelang. Hasil uji ketuntasan belajar posttest menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan media video animasi BELAGUPI dengan model pembelajaran STAD mencapai presentase klasikal sebesar 91% dengan rata-rata nilai posttest 74,77 dan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 70, diperoleh thitung 14,79 dengan n = 22, dan ttabel 2,07. Berdasarkan kriteria pengujian diperoleh thitung > ttabel yaitu 14,79 > 2,07 sehingga H0 ditolak. Kesimpulannya penerapan media video animasi BELAGUPI dengan model pembelajaran STAD efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD N Mranggen 02 Kabupaten Magelang.
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Agustien, Relis, dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajarn Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi. Vol (1):(22).
Darimi, Ismail. 2017. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai MediaPembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Vol (1) : (116).
Darmawan, Deddy, dkk. 2018. Penerapan Model Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undhiksa. Vol (7):(3).
Faturrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hadi, Sofyan. 2017. Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas Sekolah Dasar. Prosiding Transformasi Pendidikan Abad 21, Malang: 15 Mei. Hal 96-102.
Hamdayana, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hasmira, Anwar, Muh.Yusuf. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 1 Ngapa. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS. Vol (1) : (136).
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Imamah, Nurul, Ahmad Ma’ruf.2018. Pengaruh Penerapan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Aqidah Akhlaq Di Mts Darul Ulum Purwodadi. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol (4) : (88).
Iskandar, Dian dan Anthony Y.M. Tumimomor. 2017. Perancangan Media Sosialisasi Tanggap Bencana Kabupaten Semarang Berbasis Animasi 2D. Jurnal Desain Komunikasi Visual. Vol (4):(2).
Kumarawati, Komang Krisna, dkk. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X MIA 1 SMAN 1 Mendoyo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol (3):(1).
Kurniawan, Alek. 2015. Keefektifan Pengunaan Media Video Animasi Dalam Pemblajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Jurnal Pendidikan Bahasa Jerman.
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Laa, Neli, Hendriwidana, dan Rini Intansari Meilani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol (2):(139).
Mariani, Ni Putu Eka, dkk. 2019. Model Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Menulis Fabel di Kelas VII SMP Negeri 2 Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. Vol (9):(2).
Mahardika, Septian Dwi, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD di Gugus III Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Vol (5):(2).
Munir. 2013. MULTIMEDIA Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Widyaningsih, Nina. 2019. Keefektifan Penggunaan Media Video (Video Blogging) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Skripta. Vol (5):(1).
Permana, Bagas Panur, dkk. 2019. Keefektifan Model Student Teams Achievemnt Divisions (STAD) Terhadap Keterampilan Berbicara. Indonesian Journal Of Educaional Research and Review.Vol (2):(1).
Ponza, dkk. 2018. Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol (6):(17).
Puspawati, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Nomor 3 Legian – Bandung. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. Vol (3):(6).
Rahmawati, Lia dan Yusman Wiyatmo. 2018. Keefektifan Pembelajaran Fisika SMA Terintegrasi Pendidikan Kebencanaan Letusan Gunung Api Ditinjau Dari Penguasaan Materi Dan Kesiapsiagaan Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Fisika.
Saputra, dkk. 2018. SUPLEMEN Pengembangan Pendidikan IPA SD. Semarang: Jurusan PGSD FIP Universitas PGRI Semarang.
Setyowati, W.T, dkk. 2018. Penggunaan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantu Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Kreativitias dan hasil Belajar Muatan IPA Tema 7 “Peristiwa Dalam kehidupan” Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol (2):(2).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suarmika, Putu Eka dan Erdi Guna Utama. 2017. Penidikan Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar. Jurnal Pedidikan Dasar Indonesia. Vol (2):(2).
Suciati, S, dkk. 2015. Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar. Vol (2): (175–188)
Sudana, I Putu Ari dan I Gede Astra Wesnawa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah sekolah Dasar. Vol (1):(1).
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarti, S. R., & Wardani, S. 2016. Pengembangan Game Petualangan “Si Bolang” Sebagai Media Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan.Vol (5): (58–68).
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Supryadi, Eka Pt, dkk. 2013. Penerapan Media Video Pembelajaran Sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD UNDIKSHA, ejournal.undiksha.ac.id.
Suryaningsih, Eni dan Laila Fatmawati. 2017. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar. Vol (4) : (115).
Susanto,S.,Ahmad.,A. 2013. Teori Belajr Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.Jakarta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Bencana.Jakarta
Untari, dkk. 2018. Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam di Sekolah Dasar Lereng Gunung Merapi: Kajian Deskriptif di SD Negeri Jeruk Agung Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Prosiding Seminar Nasional.
Wardana, Ika. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica Vol (18):(1).
Widiastuty, Arum. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Erupsi Gunung Api Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pada Subtema Kondisi Alam Indonesia Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Selo Boyolali.
Widiyasanti, Margareta, Yulia Ayriza. 2018. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)