Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Zoom Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Lestari Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Mei Fita Asri Untari Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Khusnul Fajriyah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.33343

Keywords:

Aplikasi Zoom, Motivasi Belajar, Ketuntasan Belajar

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan belajar siswa yakni dengan menggunakan medai pembelajaran yang interaktif. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui efektifitas aplikasi pembelajaran audio visual berbasis aplikasi zoom pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus penelitian, dimana pada tiap-tiap siklus penelitian terdapat 4 tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian yakni siswa kelas IV SD yang berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode test dengan instrumen berupa instrument berupa Lembar Pengamatan Aktivitas Guru, Instrumen Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, dan tes hasil belajar IPS. Data yang diperoleh kemudian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam kelas sebelum diterapkan media pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Zoom dengan materi Sumber Daya Alam rata – rata siswa memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 43,00%. Setelah diberikan tindakan I mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 68,00% pada siklus I. Begitu pula pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 71,00%. Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media Audio Visual Berbais Aplikasi Zoom dengan materi sumber daya alam secara signifikan mampu meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar siswa kelas IV SD.

References

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010

Angelina, L. (2020). Strategi Pengelolaan Zoom Meeting Dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 3(2), 27–32. https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.219. DOI: https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.219

Antarnusa, G., & Ristantiya, S. (2021). Kuliah Kerja Mahasiswa Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Desa Sukabares Kecamatan Ciomas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.34306/adimas.v1i1.251. DOI: https://doi.org/10.34306/adimas.v1i1.251

Arrasyid, A. (2018). Pengaruh Strategi Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Sikap Sosial. International Journal of Elementary Education, 2(2), 101. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14411. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14411

Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012. DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012

Betria, I. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas V SDN 010 Rambah Tahun Pelajaran 2019/2020. Bakoba : Journal of Social Science Education, 1(2), 66–76. https://doi.org/10.30606/bakoba.v1i2.963. DOI: https://doi.org/10.30606/bakoba.v1i2.963

Betwan, B. (2019). Pentingnya Evaluasi Afektif Pada Pembelajaran Pai Di Sekolah. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(1), 45. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i1.4015. DOI: https://doi.org/10.30659/jspi.v2i1.4015

Dewi, N. P. D. Y., Tripalupi, L. E., & Haris, I. A. (2019). Kepuasan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Akademik Dosen Tahun Akademik 2014-2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 353. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20167. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20167

Dura, S., & Mawardi, N. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Oe (Open Ended/Problem Terbuka) Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTsN 8 PIDIE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(2). https://doi.org/10.24815/jimps.v4i2.12008.

Dwiyansaputra, R., Wijaya, I. G. P. S., Bimantoro, F., Nugraha, G. S., & Aranta, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 10 Cakranegara. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 2(1). https://doi.org/10.29303/jbegati.v2i1.337. DOI: https://doi.org/10.29303/jbegati.v2i1.337

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal, 11(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 93. https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445. DOI: https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Harahap, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi Kabupaten Padang Lawas Utara. Journal Education and Development, 7(3). https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1207.

Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423–2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1245. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1245

Jeffrey, & Langi, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Fisika Secara Online Berbasis Zoom Meeting terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Health Sains, 2(1), 85–93. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i1.145. DOI: https://doi.org/10.46799/jsa.v2i1.145

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Kristin, F. (2021). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Lembar Kerja Siswa Muatan Pelajaran Ips Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 61–66. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1038. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1038

Ma’ruufah, M. A., Gestiardi, R., & Chumdari, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 36. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20299. DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20299

Makmunah, S. J., Tripalupi, L. E., & Haris, I. A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMPN Se-Kecamatan Seririt Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 331. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20165. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20165

Marsiding, Z. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931. DOI: https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931

Mashudi, A. (2019). Kebijakan PPDB Sistem Zonasi SMA/SMK dalam mendorong Pemerataan Kualitas Sumberdaya Manusia di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 186–206. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.327. DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.327

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416. DOI: https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Mustamiroh, M., & Ramadhayanti, F. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Software Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 186–192. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Paramita, N. M. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957

Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 54. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12431. DOI: https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12431

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel IPS. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Mplementasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133

Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163–174. https://journal.upi.edu.

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544. DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970. DOI: https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970

Suriyanti, Y., & Thoharudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 117. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3507. DOI: https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3507

Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222–232. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259

Wahid, A. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sdn Kabupaten Bangkalan. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), 14–30. https://doi.org/10.17977/um031v3i12016p014. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v3i12016p014

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Jurnal Cakrawala, 18(2). https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4347.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Lestari, S., Untari, M. F. A., & Fajriyah, K. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Zoom Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 56–63. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.33343

Issue

Section

Articles