Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Zoom Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.33343Keywords:
Aplikasi Zoom, Motivasi Belajar, Ketuntasan BelajarAbstract
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan belajar siswa yakni dengan menggunakan medai pembelajaran yang interaktif. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui efektifitas aplikasi pembelajaran audio visual berbasis aplikasi zoom pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus penelitian, dimana pada tiap-tiap siklus penelitian terdapat 4 tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian yakni siswa kelas IV SD yang berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode test dengan instrumen berupa instrument berupa Lembar Pengamatan Aktivitas Guru, Instrumen Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, dan tes hasil belajar IPS. Data yang diperoleh kemudian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam kelas sebelum diterapkan media pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Zoom dengan materi Sumber Daya Alam rata – rata siswa memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 43,00%. Setelah diberikan tindakan I mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 68,00% pada siklus I. Begitu pula pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 71,00%. Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media Audio Visual Berbais Aplikasi Zoom dengan materi sumber daya alam secara signifikan mampu meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar siswa kelas IV SD.
References
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010
Angelina, L. (2020). Strategi Pengelolaan Zoom Meeting Dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 3(2), 27–32. https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.219. DOI: https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.219
Antarnusa, G., & Ristantiya, S. (2021). Kuliah Kerja Mahasiswa Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Desa Sukabares Kecamatan Ciomas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.34306/adimas.v1i1.251. DOI: https://doi.org/10.34306/adimas.v1i1.251
Arrasyid, A. (2018). Pengaruh Strategi Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Sikap Sosial. International Journal of Elementary Education, 2(2), 101. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14411. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14411
Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012. DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012
Betria, I. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas V SDN 010 Rambah Tahun Pelajaran 2019/2020. Bakoba : Journal of Social Science Education, 1(2), 66–76. https://doi.org/10.30606/bakoba.v1i2.963. DOI: https://doi.org/10.30606/bakoba.v1i2.963
Betwan, B. (2019). Pentingnya Evaluasi Afektif Pada Pembelajaran Pai Di Sekolah. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(1), 45. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i1.4015. DOI: https://doi.org/10.30659/jspi.v2i1.4015
Dewi, N. P. D. Y., Tripalupi, L. E., & Haris, I. A. (2019). Kepuasan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Akademik Dosen Tahun Akademik 2014-2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 353. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20167. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20167
Dura, S., & Mawardi, N. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Oe (Open Ended/Problem Terbuka) Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTsN 8 PIDIE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(2). https://doi.org/10.24815/jimps.v4i2.12008.
Dwiyansaputra, R., Wijaya, I. G. P. S., Bimantoro, F., Nugraha, G. S., & Aranta, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 10 Cakranegara. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 2(1). https://doi.org/10.29303/jbegati.v2i1.337. DOI: https://doi.org/10.29303/jbegati.v2i1.337
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal, 11(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862
Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 93. https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445. DOI: https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Harahap, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi Kabupaten Padang Lawas Utara. Journal Education and Development, 7(3). https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1207.
Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423–2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1245. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1245
Jeffrey, & Langi, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Fisika Secara Online Berbasis Zoom Meeting terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Health Sains, 2(1), 85–93. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i1.145. DOI: https://doi.org/10.46799/jsa.v2i1.145
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Kristin, F. (2021). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Lembar Kerja Siswa Muatan Pelajaran Ips Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 61–66. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1038. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1038
Ma’ruufah, M. A., Gestiardi, R., & Chumdari, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 36. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20299. DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20299
Makmunah, S. J., Tripalupi, L. E., & Haris, I. A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMPN Se-Kecamatan Seririt Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 331. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20165. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20165
Marsiding, Z. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931. DOI: https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931
Mashudi, A. (2019). Kebijakan PPDB Sistem Zonasi SMA/SMK dalam mendorong Pemerataan Kualitas Sumberdaya Manusia di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 186–206. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.327. DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.327
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416. DOI: https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Mustamiroh, M., & Ramadhayanti, F. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Software Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 186–192. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Paramita, N. M. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957
Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 54. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12431. DOI: https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12431
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel IPS. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Mplementasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133
Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163–174. https://journal.upi.edu.
Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544. DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970. DOI: https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970
Suriyanti, Y., & Thoharudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 117. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3507. DOI: https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3507
Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222–232. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259
Wahid, A. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sdn Kabupaten Bangkalan. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), 14–30. https://doi.org/10.17977/um031v3i12016p014. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v3i12016p014
Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Jurnal Cakrawala, 18(2). https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4347.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)