Korelasi Antara Tingkat Minat Baca dengan Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27347Abstract
Permasalahan yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu, “Apakah terdapat hubungan signifikan Tingkat Minat Baca dengan Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020?”.Dilihat dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat minat baca dengan kompetensi pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng.Penelitian ini menggunakan rancangan ex post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Sukasada yang berjumlah 208 orang siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 159 orang siswa yang ditentukan dari populasi menggunakan propotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik nontes dengan instrument dalam bentuk angket yang terdiri dari 22 pernyataan untuk pengambilan data minat baca. Sebelum angket diujicobakan dilakukan uji instrumen dengan uji validitas konstruk, uji validitas butir, dan uji reliabilitas.Data kompetensi pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh dengan teknik pencatatan dokumen.Analisis data menggunakan statistik infrensial regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara tingkat minat baca dengan kompetensi pengetahuan pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan nilai thitung =0.960 > ttabel= 0.130. Hal ini terbukti bahwa minat baca berpengaruh baik pada kompetensi pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan. Dengan demikian, perhitungan analisis data membuktikan adanya hubungan yang positif dengan kompetensi pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.
Downloads
Published
2020-07-22
How to Cite
Maulani, A., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Korelasi Antara Tingkat Minat Baca dengan Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 215–223. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27347
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)