Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27425Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikam hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan, (2) mendeskripsikam hasil belajar matematika siswa kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan bukan model pembelajaran Make A Match berbantuan. media kartu berpasangan, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan dan siswa yang dibelajarkan dengan bukan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan pada siswa kelas III di Gugus I Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Di Gugus I Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 92 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Melinggih yang berjumalh 23 orang dan siswa kelas III SDN 4 Melinggih yang berjumlah 24 orang. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan cluster random sampling. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil yaitu: (1) rata-rata hitung hasil belajar siswa kelompok eksperimen berada pada kategori sangat tinggi, (2) rata-rata hitung hasil belajar siswa kelompok kontrol berda pada kategori tinggi, serta (3) hasil uji-t yang menunjukkan bahwa thit > ttab, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan dan siswa yang dibelajarkan dengan bukan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan.
References
Arifiyanti, Umi Hani. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian
Dari, Anak Agung Indah Wisma. 2016. Pengaruh Pendekatan Konvensional Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha
Dewi, Ni Made Ria Rosita. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbatuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha
Gandhi, Teguh Wangsa. 2011. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: AR-Ruzz Media
Haji, Sun. 2015. Pembelajaran Tematik Yang Ideal Di SD/MI. Jurnal Vol. III, No. 1, Maret 2015
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press
-------. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha Press
Nurdyasyah & Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pertiwi, Sumarno, & Dwi. 2019. Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Mimbar PGSD Undiksha. Vol: 7 No: 3 Tahun: 2019
Renda, Antari, & Dayantari. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha
Rifai, Agus. 2010. Media Teknologi. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Suranata, Suarjana, & Prasetya. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) Berbantuan LKS Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha Vol: 6 No: 3 Tahun: 2018
Susanty, Nurkamto, & Suharno. 2014. Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada MTS N Di Kabupaten Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2, No.2, Hal 257–272, Edisi April 2014
Tarigan, Daitin. 2014. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano. Volume 5 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2014
Tiballa. Meida Dwi Sana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbatuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha
Yulianti & Yuniasih. 2016. Telaah Kurikulum dan Aplikasinya dalam Proses Belajar Mengajar. Malang: CV Media Sutra Atiga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)