Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ni Komang Ida Riana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikam hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan, (2) mendeskripsikam hasil belajar matematika siswa kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan bukan model pembelajaran Make A Match berbantuan. media kartu berpasangan, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan dan siswa yang dibelajarkan dengan bukan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan pada siswa kelas III di Gugus I Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Di Gugus I Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 92 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Melinggih yang berjumalh 23 orang dan siswa kelas III SDN 4 Melinggih yang berjumlah 24 orang. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan cluster random sampling. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil yaitu: (1) rata-rata hitung hasil belajar siswa kelompok eksperimen berada pada kategori sangat tinggi, (2) rata-rata hitung hasil belajar siswa kelompok kontrol berda pada kategori tinggi, serta (3) hasil uji-t yang menunjukkan bahwa thit > ttab, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan dan siswa yang dibelajarkan dengan  bukan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan.

Author Biographies

Ni Komang Ida Riana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Made Tegeh, Universitas Pendidikan Ganesha

TP

Ketut Pudjawan, Universitas Pendidikan Ganesha

TP

References

Arifiyanti, Umi Hani. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian

Dari, Anak Agung Indah Wisma. 2016. Pengaruh Pendekatan Konvensional Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha

Dewi, Ni Made Ria Rosita. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbatuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha

Gandhi, Teguh Wangsa. 2011. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: AR-Ruzz Media

Haji, Sun. 2015. Pembelajaran Tematik Yang Ideal Di SD/MI. Jurnal Vol. III, No. 1, Maret 2015

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press

-------. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha Press

Nurdyasyah & Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pertiwi, Sumarno, & Dwi. 2019. Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Mimbar PGSD Undiksha. Vol: 7 No: 3 Tahun: 2019

Renda, Antari, & Dayantari. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha

Rifai, Agus. 2010. Media Teknologi. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Suranata, Suarjana, & Prasetya. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) Berbantuan LKS Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha Vol: 6 No: 3 Tahun: 2018

Susanty, Nurkamto, & Suharno. 2014. Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada MTS N Di Kabupaten Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2, No.2, Hal 257–272, Edisi April 2014

Tarigan, Daitin. 2014. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano. Volume 5 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2014

Tiballa. Meida Dwi Sana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbatuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha

Yulianti & Yuniasih. 2016. Telaah Kurikulum dan Aplikasinya dalam Proses Belajar Mengajar. Malang: CV Media Sutra Atiga

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Riana, N. K. I., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 388–397. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27425

Issue

Section

Articles