Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

  • Ni putu Mila Cahyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27410

Keywords:

meta-analisis, efect size, model kooperatif tipe TPS, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS siswa di SD. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel penelitian ini, berjumlah tujuh artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014-2020 pada jenjang sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effect size dari tujuh artikel  dengan mengidentifikasi mean, standar deviasi dan varians dari perhitungan pada uji t. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 1,378, sehingga dikategorikan berefek besar yaitu 0,8 ≤ 1,378 ≤ 0,2. Sehingga rata-rata tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model kooperatif tipe TPS secara keseluruhan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan dari tujuh artikel yang telah dihitung, penelitian yang dilakukan oleh Andi Fathul Asdar (2016) yang paling besar efektifitasnya yaitu 3,516.

Author Biographies

Ni putu Mila Cahyani, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Nyoman Dantes, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan Konseling

Ni Wayan Rati, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Asdar, A. F. 2016.Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa.

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. 2016. Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265-275.

Handayani, M. W., Swistoro, E., & Risdianto, E. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3 Desember), 36-44.

Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 117-133.

Rokim, M. (2016). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Guru Pjok Di Sma Negeri Se Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4(1).

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Tela, T., Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 5(01), 114-123.

Tela, T., Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 5(01), 114-123.

Vendiagrys, L. Dkk. 2015. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning”. Journal Of Mathematics Education Research. Vulume 4. Nomor 1.

Werimon, S. dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran STAD Dipadu Media Pembelajaran Komik Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Eksakta Pendidikan. Volume 1. Nomor 2.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Cahyani, N. putu M., Dantes, N., & Rati, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 362–370. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27410

Issue

Section

Articles