Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27410Keywords:
meta-analisis, efect size, model kooperatif tipe TPS, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS siswa di SD. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel penelitian ini, berjumlah tujuh artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014-2020 pada jenjang sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effect size dari tujuh artikel dengan mengidentifikasi mean, standar deviasi dan varians dari perhitungan pada uji t. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 1,378, sehingga dikategorikan berefek besar yaitu 0,8 ≤ 1,378 ≤ 0,2. Sehingga rata-rata tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model kooperatif tipe TPS secara keseluruhan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan dari tujuh artikel yang telah dihitung, penelitian yang dilakukan oleh Andi Fathul Asdar (2016) yang paling besar efektifitasnya yaitu 3,516.
References
Asdar, A. F. 2016.Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa.
Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. 2016. Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265-275.
Handayani, M. W., Swistoro, E., & Risdianto, E. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3 Desember), 36-44.
Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 117-133.
Rokim, M. (2016). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Guru Pjok Di Sma Negeri Se Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4(1).
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Tela, T., Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 5(01), 114-123.
Tela, T., Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 5(01), 114-123.
Vendiagrys, L. Dkk. 2015. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning”. Journal Of Mathematics Education Research. Vulume 4. Nomor 1.
Werimon, S. dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran STAD Dipadu Media Pembelajaran Komik Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Eksakta Pendidikan. Volume 1. Nomor 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)