Pengaruh Strategi Index Card Match Berbantuan Multimedia Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS

Authors

  • Ni Putu Ayu Eka Budiari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi Index Card Match berbantuan multimedia pembelajaran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas V di gugus XI Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD gugus XI. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 1 Kampung Anyar yang berjumlah 21 orang dan kelas V SDN 3 Kampung Anyar yang berjumlah 19 orang. Data motivasi belajar IPS dikumpulkan dengan metode non tes berupa kuesioner motivasi belajar dan data hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes berupa tes pilihan ganda. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan motivasi siswa yang belajar dengan strategi Index Card Match berbantuan multimedia pembelajaran dan yang tidak  dengan nilai Fhitung = 1892,311 dan Ftabel = 4,10. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi Index Card Match berbantuan multimedia pembelajaran dan yang tidak dengan nilai Fhitung = 61,1377 dan Ftabel = 4,10. (3) Secara bersama-sama terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi Index Card Match berbantuan multimedia pembelajaran dan yang tidak dengan F = 921,716 dan signifikansi <0,05. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi Index Card Match berbantuan multimedia berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar IPS

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Budiari, N. P. A. E., Dantes, N., & Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Strategi Index Card Match Berbantuan Multimedia Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 223–232. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16279

Issue

Section

Articles