Pengaruh Media Pembelajaran E-learning dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Siti Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Triesninda Pahlevi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32919

Keywords:

Media E-learning, Google Meet, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran jarak jauh mengakibatkan kegiatan belajar mengalami banyak perubahan utamanya pada media pembelajaran. Banyak institusi pendidikan menggunakan media berbasis e-learning guna mendukung pembelajaran ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran e-learning dengan google meet terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode quasy experimental dengan bentuk non-equivalent control grup design, dan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Populasi dalam penelitian berjumlah 105, dan sampel yang digunakan sebanyak 62 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, tes serta dokumentasi. Sedangkan intrumen penelitian berupa soal pretest posttest. Analisis data melalui statistik deskriptif, uji homogenitas, uji normalitas, uji-t (hipotesis) dan analisis gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 86,72 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 73,75. Peningkatan nilai pada kelas eksperimen (28,13) lebih tinggi dari nilai kelas kontrol (18,59). Pada pengujian hipotesis melalui uji-t diperoleh t-hitung=3,518 yang mana lebih besar dari t-tabel=1,998. Sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning dengan google meet terhadap hasil belajar siswa pada kelas X OTKP.

Author Biographies

Siti Rahayu, Universitas Negeri Surabaya

Fakultas Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi

Triesninda Pahlevi, Universitas Negeri Surabaya

Fakultas Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi

References

Aisyah, Siti, and Dwi Ivayana Sari. 2021. Efektivitas Penggunaan Platform Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Mathematic Education Journal 4(1): 45–49. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ MathEdu/article/view/2313.

Al-Maroof, Rana Saeed, Said A. Salloum, Aboul Ella Hassanien, and Khaled Shaalan. 2020. Fear from COVID-19 and Technology Adoption: The Impact of Google Meet during Coronavirus Pandemic. Interactive Learning Environments 4(3): 1–16. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080 /10494820.2020.1830121.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aurora, Aviva, and Hansi Effendi. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro Vokasional 5(2): 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index.

Dewi, Shinta Pradnya, I Ketut Ardana, and I Gusti Ayu Agung Sri Asri. 2020. Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 4(2): 296–305. http://dx.doi.org/10.23887/jppp. v4i2.26435.

Eliantari, Ni Putu Regina, MG. Rini Kristiantari, and I Wayan Sujana. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Circular Card Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 4(1): 23–33. http://dx.doi.org/10.23887/ jppp.v4i1.24780.

Fatimah, Laela Umi, and Khairuddin Alfath. 2019. Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 8(2): 37–64. https://doi.org/10.36668/jal. v8i2.115.

Fuady, Ikhsan, Moch. Armien Syifaa Sutarjo, and Erna Ernawati. 2021. Analysis of Students’ Perceptions of Online Learning Media During the Covid-19 Pandemic (Study of E-Learning Media: Zoom, Google Meet, Google Classroom, and LMS). Randwick International of Social Science Journal 2(1): 51–56. http://www.randwickresearch.com/index.php/rissj/article/view/177.

Haka, Nukhbatul Bidayati, Liza Anggita, Bambang Sri Anggoro, and Abdul Hamid. 2020. Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 8(1): 1–12. https://doi. org/10.23971/eds.v8i1.1806.

Hanifah, Nanang Supriadi, and Rany Widyastuti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 3(1): 31–42. https://doi. org/10.25217/numerical.v3i1.453.

Huda, Syamsul et al. 2019. Impact of E-Learning and Blended Learning Using Google Classroom. Jurnal Pendidikan Matematika 10(2): 261–70. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.5303.

Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19).

Komalasari, Essa Ratih. 2020. Google Meet Application and Media Power Points to Improve IPA Learning Results. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series 3(3): 463–69. https:// jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/45895/28851.

Li, Lei et al. 2020. Effectiveness of Blending E-Learning with Field Trip on Chinese Herbal Medicine Education: Quasi-Experimental Study. BMC Complementary Medicine and Therapies 20(1): 1–9. https://doi.org/10.1186/s12906-020-03034-y.

Marheni, Ni ketut, i nyoman Jampel, and ignatius i wayan Suwatra. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 4(3): 351. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/ 27414.

Marheni, Ni Ketut, I Nyoman Jampel, and Ignatius I Wayan Suwatra. 2020. Model STAD Berpengaruh Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 4(3): 351–61. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27414.

Muniroh, Siti Hilyatul, Siti Rojanah, and Sigit Raharjo. 2020. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Media Google Meet Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Sains 2(2): 410–19. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i2.1059.

Ningsih, Desak Made Rai. 2020. Pengaruh Metode Kuliah Online Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Kuliah Hukum Investasi Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Indonesia. Jurnal Pendidikan 21(2): 104–10. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.840.2020.

Nurwidayanti, Dewi, and Mukminan Mukminan. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 5(2): 105–14. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743.

Pebriyani, Elsa Putri. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP Di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(5): 47–55. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap.

Puspitasari, Indah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Flannel Board Terhadap Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Alat Dan Bahan Kearsipan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 07(02): 21–25. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index. php/JPAPUNESA/article/view/27477.

Putra, Rizal Wahid Permana. 2021. Improving the Students ’ Motivation in Learning English through Google Meet during the Online Learning. englie:english learning innovation 2(1): 35–42. https:// doi.org/10.22219/englie.v2i1.14605.

Riana, Ni Komang Ida, I Made Tegeh, and Ketut Pudjawan. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 4(3): 388–97. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v4i3. 27425.

Ritonga, Doris Apriani, Chairul Azmi, and Agung Sunarno. 2020. The Effect of E-Learning Toward Student Learning Outcomes. Advances in Health Sciences Research 23: 29–30. https://doi.org/10.2991/ ahsr.k.200305.010.

Romadhoni, Ita Fatkhur et al. 2020. Diverse Forms of V-Learning Students’ Acceptability During the Pandemic Covid-19. International Joint Conference on Science and Engineering 196: 80–85. https://doi.org/10.2991/aer.k.201124.015.

Rusmansyah, N Hayati, A Winarti, and Rahmi. 2021. Train Students’ Science Process Skills and Self-Efficacy in Online Learning Using the Scientific Critical Thinking (SCT) Model Assisted by Google Classroom and Google Meet. Journal of Physics: Conference Series tanpa volu: 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012034.

Salsabila, Unik Hanifah et al. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Belajar Online Selama Pandemi Unik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7(1): 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4412063.

Santosa, Farah Heniati, Habibi Ratu Perwira Negara, and Samsul Bahri. 2020. Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M) 3(1): 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254.

Sari, Riona Mei Wanita et al. 2020. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Stad Berbantuan Media Video Show Terhadap Ketrampilan. Jurnal Education and development 8(3): 288–92. http://journal. ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1957.

Sawitri, Dara. 2020. Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(01): 13–21. https:// jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161.

Solikha, Nikmatus, and Irfah Rasyida. 2020. Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial 11(1): 31–42. https://jiesjournal.com /index.php/jies/article/view/221.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, Anetha L. F., and Hasriyanti Hasriyanti. 2019. “Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Pada Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia (JP3I) 8(1): 57–68. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jp3i/article/view/13068/pdf. http://dx.doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068.

Wibawanto, Wandah. 2017. Desain Dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Downloads

Published

2021-05-08

How to Cite

Rahayu, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-learning dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32919

Issue

Section

Articles