Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD

Authors

  • Ni Luh Ayu Manik Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32884

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Budaya sekolah yang kuat merupakan suatu kekuatan yang dapat menyatukan tujuan, menciptakan motivasi, komitmen dan loyalitas seluruh warga sekolah, serta memberikan struktur dan control yang dibutuhkan tanpa harus bersandar pada birokrasi formal. Budaya sekolah diharapakan memperbaiki mutu sekolah, kinerja di sekolah dan mutu kehidupan yang diharapkan memiliki ciri sehat, dinamis atau aktif, positif dan profesional. Namun pada proses pelaksanaanya kepemimpinan kepala sekolah serta implementasi budaya sekolah masih belum optimal di mana dapat terlihat dalam permasalahan yang ada dan berpengaruh kepada kinerja guru di sekolah dasar. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar . Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan jenis strudi korelasi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian yakni sebanyak 32 orang guru. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel penuh yakni menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode non-tes berupa instrmen angekt serta menggunakan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru.

Author Biographies

Ni Luh Ayu Manik Pratiwi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Ahmad, B. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 3(1), 90–97. https://doi.org/10.36709/jppg.v3i1. 9133.

Al Rasyid, H. (2015). Fungsi Kelompok Kerja Guru Bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 24(2), 143–150. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1355/ 715.

Azizi Yahya, & Nurfaizah Abd Majid. (2011). Hubungan Antara Budaya Formal Sekolah Dan Gaya Pembelajaran Pelajar Dengan Pencapaian Akademik Pelajar Sekolah Menengah. Educational Psychology and Counseling, 2(4), 78–112. http://eprints.utm.my/id/eprint/13383/.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasia, 13(2), 161–174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113.

Daryanto Setiawan. (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.1155/2015/146250.

Daud, Y., & Don, Y. (2012). Budaya Sekolah, Kepemimpinan Transformasional dan Pencapaian Akademik Pelajar. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 9, 111–139. https://doi.org/10.32890/mjli.9. 2012.7639.

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v14i2.24.

Febriantina, S., Nur Lutfiani, F., & Zein, N. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Tadbir Muwahhid, 2(2), 120. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i2.1313.

Fitriani, A. (2015). gaya kepemimpinan perempuan. Manajemen.

Handayani, E., Lian, B., & Rohana, R. (2020). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3981.

Imansyah, M., Arafat, Y., & Wardiah, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 135. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3756.

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734.

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.37985 /joe.v1i3.21.

Kaiman, Arafat, Y., & Mulyadi. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 283–289. https://doi.org/10. 37985/joe.v1i2.14.

Kartowagiran, B. (2015). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208.

Karweti, E. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB Di Kabupaten Subang. Journal Penelitian Pendidikan. http://jurnal.upi.edu/file/7-Engkay.pdf.

Kharisma, M., Prasilowati, S. L., & Ayuningtyas, E. A. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(2), 135. https://doi.org/10.33370/jpw.v21i2.342.

Komar, A. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Berbasis Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 6(2), 109–117. https://doi.org/10.36835/attalim.v6i2.362.

Kurniawan, Y. A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 182. https:// doi.org/10.21009/jmp.08117.

Mukhid, A. (2007). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Pembelajaran Yang Tepat. Tadrîs.

Nashihin, H. (2017). Pengertian Budaya. Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah - Didi Pianda - Google Books. CV Jejak.

Pope, N. G. (2019). The effect of teacher ratings on teacher performance. Journal of Public Economics, 172, 84–110. https://doi.org/10.1016/j.jpubeco.2019.01.001.

Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. EJournal Administrasi Negara, 1(1), 210–224. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id.

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467.

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41.

Santiari, L. P., Arya Sunu, I. G. K., & Rihendra Dantes, K. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149.

Santosa, D. T., & Us, T. (2016). Faktor-Faktor penyebab rendahnya motivasi belajar dan solusi penanganan pada siswa kelas XI jurusan Teknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Susanto, H. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028.

Taylor, E. S., & Tyler, J. H. (2012). The Effect of Evaluation on Teacher Performance. American Economic Review, 102(7), 3628–3651. https://doi.org/10.1257/aer.102.7.3628.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2008). Pengantar Pendidikan. In Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. In Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Widiyanto, S., Aviyanti, D., & A, M. T. (2012). Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu tentang ASI Eksklusif dengan Sikap terhadap Pemberian ASI Eksklusif Subur. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah, 1(1). https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/kedokteran/article/view/743.

Yahaya, A., & Abd. Majid, N. (2011). Hubungan Antara Budaya Formal Sekolah Dan Gaya Pembelajaran Pelajar Dengan Pencapaian Akademik Pelajar Sekolah Menengah. Educational Psychology and Counseling, 2(4), 78–112. http://eprints.utm.my/id/eprint/13383/.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121.

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Journal UIN- Alauddin, 5(2). https://doi. org/10.24252/ip.v5i2.3480.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Pratiwi, N. L. A. M., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 84–90. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32884

Issue

Section

Articles