Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Jean Dwi Ritia Sari Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang,
  • Muhammad Giatman Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang,
  • Ernawati Ernawati Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang,

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34846

Keywords:

kepemimpinan, kepala sekolah, mutu pembelajaran

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah saat ini belum bisa dikatakan sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari kinerja yang belum optimal. Kepemimpinan kepala sekolah memegang peran penting, namun beberapa kepala sekolah tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini tentunya akan sangat memengaruhi aktivitas sekolah yang berdampak pada mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian menggunakan literatur rivew dengan menggunakan 6 artikel. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang memiliki perubahan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Perubahan dengan mencari program-pgrogram inovasi, memperbaiki manajemen siswa dalam budaya sekolah, dan mendisiplikannya. Kepemimpinan kepala sekolah terbentuk dengan pembawaan sifatnya yang memberikan rasa nyaman kepada seluruh warga sekolah. Kepala sekolah yang baik mampu menumbuhkan budaya sekolah serta mendisiplinkan, menjadi seorang partner kerja, menciptakan kerja sama antarsemua warga sekolah untuk membentuk suasana lingkungan sekolah yang bersahabat dan memiliki tujuan. Dengan demikian, kepemimpinan kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan.

 

References

Amin, M., Shah, S., & Tatlah, I. (2013). Impact of Principals/Directors’ Leadership Styles on Job Satisfaction of the Faculty Members: Perceptions of the Faculty Members in a Public University of Punjab, Pakistan. Journal of Research and Reflections in Education, 7(2), 97–112.

Arokiasamy, A. R. A., Abdullah, A. G. K., Ahmad, M. Z. @ S., & Ismail, A. (2016). Transformational Leadership of School Principals and Organizational Health of Primary School Teachers in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 229, 151–157. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.124.

Aydin, A., Sarier, Y., & Uysal, S. (2013). The Effect of School Principals’ Leadership Styles on Teachers’ Organizational Commitment and Job Satisfaction. Journal Articles; Reports - Research, 13(2), 806–811.

Cohen, E. (2015). Principal Leadership Styles and Teacher and Principal Attitudes, Concerns and Competencies Regarding Inclusion. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186(2002), 758–764. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.105.

Erlangga, E., Sugiyo, & Supriyo. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Berpengaruh terhadap Kinerja Guru BK Melalui Motivasi Kerja. Jurnal Bimbingan Konseling (Semarang), 4(2), 72–78. https://doi.org/10.15294/jubk.v4i2.9847.

Fauzi, M. S., & Falah, M. S. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Kasus di SMAU 1 Gresik. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 1(1), 54–76. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jm-tbi/article/view/1440.

Ferry, L., & Ahrens, T. (2016). Leadership Style and Job Satisfaction in Higher Education Institutions. International Journal of Educational Management, 30, 140–164.

Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 65–70. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3538.

Gumilar, G. G., & Munzir, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA Global Indo-Asia Batam. Jurnal Dimensi, 7(2), 232–238. https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1710.

Jamma, H. (2016). Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Kinerja dengan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar di Kota Padang Panjang. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 149. https://doi.org/10.31958/jaf.v1i2.360.

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Efikasi Diri Guru terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108.

Karacabey, M. F. (2020). School Principal Support in Teacher Professional Development. International Journal of Educational Leadership and Management, 1–24. https://doi.org/10.17583/ijelm.2020.5158.

Kastawi, N. S. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/4312.

Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269.

Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen Pembiayaan Pendidikan terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620.

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12.

Liu, S., Hallinger, P., & Feng, D. (2016). Supporting the professional Learning of Teachers in China: Does Principal Leadership Make a Difference? Teaching and Teacher Education, 59, 79–91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.023.

Mahfud. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolaj, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosisal, 2(1), 2–17.

Muftahu, M. (2020). Higher Education and Covid-19 Pandemic: Matters Arising and the Challenges of Sustaining Academic Programs in Developing African Universities. International Journal of Educational Research Review, 5(4), 417–423. https://doi.org/10.24331/ijere.776470.

Nurani, R. T., & Sarino, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 298. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613.

Oberer, B., & Erkollar, A. (2018). Leadership 4.0: Digital Leaders in the Age of Industry 4.0. International Journal of Organizational Leadership, 7(4), 404–412. https://doi.org/10.33844/ijol.2018.60332.

Pramesti, D., & Muhyadi. (2018). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Guru SMA. Harmoni Sosial, 5(1), 43–56.

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran KomiteSsekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(2), 11–20.

Ramadoni, W., Kusmintardjo, & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di PAUD Islam Sabilillah dan SDN Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(8), 1500–1504. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620.

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peningkatan Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Indonesia Journal Of Educational Management, 2(3), 244–255.

S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 131–147. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785.

Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874.

Setiyati, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063.

Sulastri, S., Nurkolis, N., & Rasiman, R. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Mutu Sekolah Dasar di Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 5(3), 167–171. https://doi.org/10.26877/jmp.v5i3.1984.

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557.

Sumarni. (2016). Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Economica, 5(1), 63–68. https://doi.org/10.22202/economica.2016.v5.i1.307.

Suyitno, S. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Peran Komite terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1564–1576. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.970.

Syaputra, M. D., Makhdalen, & Sumarno. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 146–155.

Wijania, I. W. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 176–184.

Zheng, Q., Li, L., Chen, H., & Loeb, S. (2017). What Aspects of Principal Leadership Are Most Highly Correlated with School Outcomes in China? Educational Administration Quarterly, 53(3), 409–447. https://doi.org/10.1177/0013161X17706152.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Sari, J. D. R., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 329–333. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34846

Issue

Section

Articles