Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.36980Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar IPAAbstract
Integrasi antar muatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 ternyata kurang berdampak pada hasil belajar IPA di sekolah. Pembelajaran IPA masih dilaksanakan secara klasikal yang berorientasi pada guru aktif, siswa menghafal konsep, teori, dan hanya mengarah pada soal ujian. Sesuai dengan permasalahan di atas perlu adanya inovasi penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga mampu merangsang siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model discovery learning terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes pilihan ganda, lembar observasi berbentuk lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I berkategori aktif dengan rata-rata skor 39. Selanjutnya pada siklus II berkategori sangat aktif dengan rata-rata skor 46,5. Hal ini menunjukkan indikator ketercapaian penelitian tentang aktivitas siswa sudah tercapai, sehingga proses pembelajaran menggunakan Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran. Jadi model discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini berimplikasi pada aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat sebab dihadapkan pada permasalahan kontekstual, pembelajaran bermakna, dan berpusat pada siswa.
References
Ana, N. Y. (2019a). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.
Ana, N. Y. (2019b). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.
Anggraini, E., A., & Airlanda, G., S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning dan Discovery Learning Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa pada Muatan Pembelajaran IPA bagi Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.344.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Azura, A. R., & Kamariyah, N. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V. Natural Science …, 1(2). https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/5187.
Djumhana, N. (2019). Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam Modul 3 Kegiatan Belajar 1. Kemendikbud.
Drs. I Wayan Sujana, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Vi Sd Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10655.
Hannya, & Kristin, F. (2020). Meta Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 529–536. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29462.
Jalil, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604.
Junaedi, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.209.
Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111.
Karjiyati, V. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 146–154. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.146-154.
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa.
Lestari Titik Endang, M. P. (2020). model pembelajaran discovery learning di sekolah dasar. Deepublish.
Ma’ruf, M. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 2(1), 306–312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.7.
Maya, R., & Kartono, S. (2020a). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar. Core.Ac.Uk, 4(10), 2715–2722. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37162.
Maya, R., & Kartono, S. (2020b). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar …. Core.Ac.Uk, 4(9), 2715–2722. https://core.ac.uk/download/pdf/289717189.pdf.
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613.
Putri, N. M. C. D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960.
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62.
Ratnadewi, A. (2018). Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14210.
Rosarina, Gina., Sudin, Ali., & S. A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043.
Rosdiana, Boleng, D. T., & Susilo. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1060–1064.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.
Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450.
Warsiki, N. M. (2018). enerapan Metode Pembelajaran Discovery Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 287. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16226.
Widoretno, S., & Dwiastuti, S. (2019). Improving students’ thinking skill based on class interaction in discovery instructional: A case of lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 347–353. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i3.20003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)