Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Bagus Andika Suari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.36980

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar IPA

Abstract

Integrasi antar muatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 ternyata kurang berdampak pada hasil belajar IPA di sekolah. Pembelajaran IPA masih dilaksanakan secara klasikal yang berorientasi pada guru aktif, siswa menghafal konsep, teori, dan hanya mengarah pada soal ujian. Sesuai dengan permasalahan di atas perlu adanya inovasi penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga mampu merangsang siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model discovery learning terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes pilihan ganda, lembar observasi berbentuk lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I berkategori aktif dengan rata-rata skor 39. Selanjutnya pada siklus II berkategori sangat aktif dengan rata-rata skor 46,5. Hal ini menunjukkan indikator ketercapaian penelitian tentang aktivitas siswa sudah tercapai, sehingga proses pembelajaran menggunakan Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran. Jadi model discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini berimplikasi pada aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat sebab dihadapkan pada permasalahan kontekstual, pembelajaran bermakna, dan berpusat pada siswa.

Author Biographies

Bagus Andika Suari, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa PPG Prajabatan Undiksha

I Gede Astawan, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Ana, N. Y. (2019a). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.

Ana, N. Y. (2019b). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.

Anggraini, E., A., & Airlanda, G., S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning dan Discovery Learning Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa pada Muatan Pembelajaran IPA bagi Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.344.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Azura, A. R., & Kamariyah, N. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V. Natural Science …, 1(2). https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/5187.

Djumhana, N. (2019). Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam Modul 3 Kegiatan Belajar 1. Kemendikbud.

Drs. I Wayan Sujana, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Vi Sd Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10655.

Hannya, & Kristin, F. (2020). Meta Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 529–536. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29462.

Jalil, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604.

Junaedi, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.209.

Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111.

Karjiyati, V. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 146–154. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.146-154.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa.

Lestari Titik Endang, M. P. (2020). model pembelajaran discovery learning di sekolah dasar. Deepublish.

Ma’ruf, M. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 2(1), 306–312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.7.

Maya, R., & Kartono, S. (2020a). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar. Core.Ac.Uk, 4(10), 2715–2722. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37162.

Maya, R., & Kartono, S. (2020b). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar …. Core.Ac.Uk, 4(9), 2715–2722. https://core.ac.uk/download/pdf/289717189.pdf.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613.

Putri, N. M. C. D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62.

Ratnadewi, A. (2018). Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14210.

Rosarina, Gina., Sudin, Ali., & S. A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043.

Rosdiana, Boleng, D. T., & Susilo. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1060–1064.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.

Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450.

Warsiki, N. M. (2018). enerapan Metode Pembelajaran Discovery Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 287. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16226.

Widoretno, S., & Dwiastuti, S. (2019). Improving students’ thinking skill based on class interaction in discovery instructional: A case of lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 347–353. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i3.20003.

Downloads

Published

2021-07-19

How to Cite

Suari, B. A., & Astawan, I. G. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 270–277. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.36980

Issue

Section

Articles