Etika Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp

Authors

  • Eko Prabowo Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Deka Setiawan Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38191

Keywords:

Pembelajaran Daring, Whatsapp, Etika Komunikasi

Abstract

Proses pembelajaran daring dilakukan melalui media berupa whatsapp, google classroom, google meet mengharuskan peserta didik dalam berkomunikasi secara aktif dengan guru. Dalam proses komunikasi tersebut banyak peserta didik yang tidak sopan saat bertanya tugas dengan guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bentuk-bentuk etika komunikasi siswa dalam pola pembelajaran daring melalui aplikasi WhatsApp. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa diambil secara acak dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu penelitian lapangan yang bersifat naratif. Hasil penelitian membuktikan bahwa etika berkomunikasi siswa selama pandemi Covid 19 dalam pembelajaran daring dengan aplikasi WhatsApp pada siswa kelas IV tergolong kurang baik. Siswa jarang memberikan respon terhadap informasi materi atau tugas yang diberikan oleh guru. Tata penulisan siswa dalam memberikan respon di WhatsApp berupa emoticon dan stiker sudah tepat, namun tanda baca pada konteks kalimat yang dituliskan siswa belum tepat. Gaya bahasa yang digunakan siswa dalam memberikan respon di WhatsApp menggunakan bahasa bilingual (campuran) yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.

Author Biographies

Eko Prabowo, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

PGSD

Nur Fajrie, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

PGSD

Deka Setiawan, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

PGSD

References

Abroto, Anantama, & Prastowo. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971.

Afifah, N. (2019). Efektivitas Media Ajar untuk Siswa Kelas Rendah Berbasis Nilai Karakter Toleransi terhadap Sesama dengan Berbantu Aplikasi Sparkol Videoscribe. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2). https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.512.

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331.

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884.

Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056.

Andarwulan, T., Al Fajri, T. A., & Damayanti, G. (2021). Elementary teachers’ readiness toward the online learning policy in the new normal era during Covid-19. International Journal of Instruction, 14(3), 771–786. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14345a.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Apriyanti, H. (2019). Pemahaman Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Education. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(1). https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.137.

Ariati. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Jurnal Kependidikan, 11(1). https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111.

Arnott, L., & Yelland, N. (2020). Multimodal lifeworlds: Pedagogies for play inquiries and explorations. Journal of Early Childhood Education Research, 9(1), 124–146.

Arrosagaray, M., González-Peiteado, M., Pino-Juste, M., & Rodríguez-López, B. (2019). A comparative study of Spanish adult students’ attitudes to ICT in classroom, blended and distance language learning modes. Computers and Education, 134(October 2018), 31–40. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.016.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2433–2441.

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(1), 27–36. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.27-36.

Dumitrescu, C., Olteanu, R. L., Gorghiu, L. M., & Gorghiu, G. (2014). Learning Chemistry in the Frame of Integrated Science Modules – Romanian Student’s Perception. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(September 2015), 2516–2520. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.603.

Dyah Purnama Sari, P. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 EFEKTIVITAS Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Pediatric Critical Care Medicine, 1022–1023. https://doi.org/10.1097/PCC.0000000000002513.

Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69–78. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.82.

Fauziyyah, N. (2019). Etika Komunikasi Peserta Didik Digital Natives Melalui Media Komunikasi Online (Whatsapp) Kepada Pendidik: Perspektif Dosen. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.33650/pjp.v6i2.750.

Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Fitria, Y., Hasanah, F. N., & Gistituati, N. (2018). Critical Thinking Skills of Prospective Elementary School Teachers in Integrated Science-Mathematics Lectures. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 597–603. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.9633.

Fitriyani, & Sari. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Glassman, M., Kuznetcova, I., Peri, J., & Kim, Y. (2021). Cohesion, collaboration and the struggle of creating online learning communities: Development and validation of an online collective efficacy scale. Computers and Education Open, 2(January), 100031. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100031.

Goudeau, S., Sanrey, C., Stanczak, A., Manstead, A., & Darnon, C. (2021). Why lockdown and distance learning during the COVID-19 pandemic are likely to increase the social class achievement gap. Nature Human Behaviour. https://doi.org/10.1038/s41562-021-01212-7.

Gurung, R. A. R. (2020). Call It Out: Recognizing Good Teaching and Learning. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 9(2), 161–164. https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2020.02.003.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Idris, I., & Sida, S. C. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 58–63. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21849.

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460.

Jiang, H., Islam, A. Y. M. A., Gu, X., & Spector, J. M. (2021). Online learning satisfaction in higher education during the COVID-19 pandemic: A regional comparison between Eastern and Western Chinese universities. Education and Information Technologies, 26(6). https://doi.org/10.1007/s10639-021-10519-x.

Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ Attitudes Towards Social Media (SM) Use in Online Learning Amid The COVID-19 Pandemic: The Effects of SM Use by Teachers and Religious Scholars During Physical Distancing. Journal Heliyon, 7(4), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781.

Junaidi, J. (2018). Analisis Etika Komunikasi Siswa Melalui Pendidikan Karakter Islam Di Sma Kota Tangerang Selatan. Edukasi Lingua Sastra, 16(2), 68-85. https://doi.org/10.47637/Elsa.V16i2.95.

Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.

Kintu, M. J., Zhu, C., & Kagambe, E. (2017). Blended learning effectiveness : the relationship between student characteristics , design features and outcomes. International Journal of Educational, 14(7), 1–20. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0043-4.

Kkese, E. (2020). McGurk effect and audiovisual speech perception in students with learning disabilities exposed to online teaching during the COVID-19 pandemic. Medical Hypotheses, 144(July), 110233. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110233.

Lonanda, S., Yolamalinda, & Stevi. (2015). Pengaruh Kesiapan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Peranan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Ips Di SMA PGRI 4 Padang. Journal of Economic and Economic Education, 5(2), 178–190. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Lyócsa, Š., Baumöhl, E., Výrost, T., & Molnár, P. (2020). Fear of the coronavirus and the stock markets. Finance Research Letters, 36. https://doi.org/10.1016/j.frl.2020.101735.

Marlen, & Atmazaki. (2020). Kesantunan Berbahasa Siswa dengan Guru Bahasa Indonesia melalui Media Sosial WhatsApp di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(4), 1-12.

Maulana, H. A. (2021). Psychological Impact of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: A Case Study on Vocational Higher Education. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 130–139. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.833.

Mulyono, H., Suryoputro, G., & Jamil, S. R. (2021). The application of WhatsApp to support online learning during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Heliyon, 7(8), e07853. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07853.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.

Mutiani. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik - Integratif di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.33369/pgsd.14.1.70-79.

Oktario, A. S., Ariesta, R., & Gumono. (2019). Penggunaan Bahasa Dalam Pesan Whatsapp: Interaksi Multimodal. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(2), 131–136. https://doi.org/10.33369/jik.v3i2.10113.

Owusu-Fordjour, C., Koomson, C. K., & Hanson, D. (2020). The Impact of Covid-19 on Learning-The Perspective of the Ghanaian Student. European Journal of Education Studies, 7(3), 88–101. https://doi.org/10.5281/zenodo.3753586.

Prasetyo, G., Hidayatullah, M. F., Akhyar, M., Wiranto, & Perdana, R. (2020). Strengthening Students’ Character Through Multimedia Learning In Primary Schools Education: Systematic Literatur. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(3), 268–277. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8328.

Pratamanti, E. D., Riana, R., & Setiadi, S. (2017). Kesantunan Berbahasa Dalam Pesan Whatsapp Mahasiswa yang Ditujukan Kepada Dosen. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 19(2), 230–239. https://doi.org/10.26623/jdsb.v19i2.984.

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun. D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140.

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [the Effectiveness of Mathematics Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811.

Riaz, A. (2018). Effects of Online Education on Encoding and Decoding Process of Students and Teachers. International Conference E-Learning, 42–48. https://doi.org/https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED590288.pdf.

Sa’diyah, H., Hastuti, A. F., & Prasetiyo, W. H. (2020). Efektivitas Google Classroom dalam Pengelolaan Pembelajaran Masa Pandemi di SMA Negeri 1 Wonosari. 3, 120–125. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.13893.

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Qura, 6(2).

Sarjana, S., & Khayati, N. (2017). Pengaruh Etika, Perilaku, Dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3). https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.450.

Sukendro, S., Habibi, A., Khaeruddin, K., Indrayana, B., Syahruddin, S., Makadada, F. A., & Hakim, H. (2020). Using an extended Technology Acceptance Model to understand students’ use of e-learning during Covid-19: Indonesian sport science education context. Heliyon, 6(11), e05410. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05410.

Tamboto, H., Tambingon, H. N., Lengkong, J. S. ., & Rotty, V. N. J. (2021). The Involvement of Students’ Parents in Organizing the Learning from Home at Elementary Schools in Tomohon City. Asia Pacific Journal of Management and Education, 4(1), 35–51. https://doi.org/10.32535/apjme.v4i1.1044.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(November). https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1227.

Yulia, H. (2020). Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(1). https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Downloads

Published

2021-10-19

How to Cite

Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2021). Etika Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429–437. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38191

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)