Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan dengan Metode CIPP

Authors

  • Arfin Juri SMK Negeri 2 Padangsidimpuan
  • Hasan Maksum SMK Negeri 2 Padangsidimpuan
  • Wawan Purwanto SMK Negeri 2 Padangsidimpuan
  • Eko Indrawan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38439

Keywords:

Evaluasi, CIPP, PKL

Abstract

Rendahnya kreativitas dan kedisiplinan siswa dapat berdampak pada kurang efektifnya pelaksanaan praktik kerja lapangan. Oleh karena itu,    perlu evaluasi praktik kerja lapangan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksananaan Program PKL. Evaluasi PKL tersebut dilihat dari aspek context, input, process, product yang dihadapi dalam pelaksanaan program PKL. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi desain equental Explanatory dengan menggabungkan metode penelitian kuantitatif menggunakan angket/kuesioner dan kualitatif dengan wawancara secara berurutan. Teknik analisis data menggunakan persentase tingkat capaian responden (uji TCR) untuk data kuantitatif dan data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu: data reduction, data display dan conclusion/verification. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi context memperoleh standar skor rata-rata 83,00% dengan kategori baik. Evaluasi input memperoleh standar skor rata-rata 78,96% dengan kategori cukup. Evaluasi Process memperoleh standar skor rata-rata 68,94% dengan kategori cukup. Evaluasi product memperoleh standar skor rata-rata 77,89% dengan kategori cukup. Maka, program PKL 79,09% masih dalam kategori cukup dan perlu diperbaiki dari berbagai aspek, sehingga bisa tercapainya tujuan dari PKL sebagai praktik kerja industri.

References

Alamsyah, N. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pela jaran IPA. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p82-96.

Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 1650–1655. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10316.

Arifin, Z., Indonesia, U. P., & Kejuruan, S. M. (2012). Implementasi Manajemen Stratejik Berbasis Kemitraan dalam Meningkatkan Mutu SMK (Studi pada SMK Kelompok Teknologi Bidang Otomotif di Kota Yogyakarta). Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 14(1), 60–70. https://doi.org/10.17509/jap.v14i1.6708.

Asmarayani, E., & Rahmayanti, H. (2020). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Keahlian Teknik Furnitur pada SMK Negeri DI DKI Jakarta. JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional), 3(2), 101–120. https://doi.org/10.21009/JPTV.3.2.101.

Cahya Ningrum, E. S., Christianti, M., Maryatun, I. B., & Cholimah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Buku Paduan Pembuatan dan Pelaksanaan Pembelajaran di Taman Lalu Lintas untuk Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31395.

Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches - 4th ed. SAGE Publications.

Haryani, A., & Sunarto, S. (2021). Manajemen dan Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan di SMK Negeri 2 Kebumen. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 438–447. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.8037.

Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Inklusi, 5(2), 179. https://doi.org/10.14421/ijds.050202.

Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28–39. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14.

Purwadhi. (2019). Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran XXI. Mimbar Pendidikan, 4(2), 103–112. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22201.

Ramayanti, R. (2021). Evaluasi Program Praktek Lapangan Industri Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. JPTE, 02(02), 1–8. http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/90/59.

Sakti, U. (2018). Arabic Language Learning Evaluation in Higher Education with Context Input Process Product (CIPP) Model. Alsinatuna, 4(1), 33. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v4i1.1591.

Santoso, B. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler “Hisbul Wathan.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 79. https://doi.org/10.24269/ijpi.v3i1.1003.

Sudaryono, Elmanda, V., Purba, A. E., Ayu Sanjaya, Y. P., & Julianingsih, D. (2022). Efektivitas Program Magang Siswa SMK di Kota Serang dengan Menggunakan Metode CIPP di Era Adaptasi New Normal Pandemi Covid-19. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(1), 5–15. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i1.565.

Sugiyanto, S., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 82–95. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558.

Widianingrum, R., Suranto, S., Hermanto, F. Y., & Sholikah, M. (2020). Office Communication Competencies for Vocational High School in Industri 4.0. Dinamika Pendidikan, 15(1), 77–86. https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.24348.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (1st ed.). Kencana.

Zikri. (2020). Hubungan Gaya Belajar dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 3 Solok Selatan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 135–144. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.24209.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Juri, A., Maksum, H., Purwanto, W., & Indrawan, E. (2021). Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan dengan Metode CIPP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 323–328. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38439

Issue

Section

Articles