Pengaruh Model Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) pada Muatan Bahasa Indonesia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.39407Keywords:
Model Somatis, Auditori, Visual, Intelektual Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstract
Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model somatis, auditori, visual, intelektual pada muatan Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar peserta didik. Pendekatan yang digunakan pre-eksperimenal dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah semua peserta didik kelas II, sedangkan sampelnya adalah kelas II sebanyak 22 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji normalitas dan hipotesis melalui SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini memberi pengaruh yang baik terhadap hasil belajar peserta didik. Dari penerapan tersebut diperoleh nilai peserta didik kelas II dengan perolehan rata-rata pretest 67,5 dan posttest 79,7. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh model somatis, auditori, visual, intelektual pada muatan Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar peserta didik kelas II sekolah dasar. Diharapkan nantinya saat proses pembelajaran, guru dapat menggunakan model pembelajaran yang infovatif agar proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan sehingga bepengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
References
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/530/473/
Perdana, D. I. (2016). Kurikulum dan Pendidikan di Indonesia Proses Mencari Arah Pendidikan yang Ideal di Indonesia atau Hegemoni Kepentingan Penguasa Semata? Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 63. https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23412
Puspayanti, I. G. A. R., Darsana, I. W., & Ganing, N. N. (2013). Bahasa Indonesia Gugus Lektol Wisnu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha. 3.
Sari, T. Y. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi industri gula tebu di Nagari Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Buana, 2(1), 274. https://doi.org/10.24036/student.v2i1.76
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta CV.
Tyas, E. N. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Subtema Tugasku Sehari-hari di Rumah (Eka Ning Tyas). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 68–82.
Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5683
Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd). Jpai, 3(20), 263–278. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1097
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)