Multimedia Interaktif Ceria pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD

Authors

  • Ni Komang Ari Aprilia Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46150

Keywords:

Multimedia Interaktif Ceria, ADDIE, Tematik

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang bervariasi mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan jenuh dengan pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses rancang bangun dan kelayakan dari multimedia interaktif ceria pada tema peduli terhadap makhluk hidup kels IV SD. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE terdiri dari Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Subjek uji coba ini yakni ahli materi pembelajaran 1 orang, ahli desain dan media pembelajaran 1 orang. Uji coba perorangan yakni 3 orang siswa dan kelompok kecil yakni 9 orang siswa, semua subjek uji coba merupakan siswa Kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif. Hasil analisis data, diperoleh rata-rata validasi dari para ahli mendapat skor rata-rata 94,60% kualifikasi sangat baik, uji perorangan skor rata-rata 94,16% kualifikasi sangat baik, uji kelompok kecil 95,83% kualifikasi sangat baik, oleh karena itu multimedia interaktif ceria layak digunakan untuk media alternatif pembelajaran. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu kegiatan belajar menjadi praktis, efektif, menarik dan meningkatkan motivasi.

Author Biographies

Ni Komang Ari Aprilia Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Maria Goreti Rini Kristiantari, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Aditiya, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Sebagai Penunjang Pengenalan. 16(1), 52–64. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12674. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12674

Afif, N. (1970). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Agetania, N. L. P., & Marlinda, N. L. P. M. (2022). Multimedia Interaktif Ceria untuk Pembelajaran Matematika dan IPA pada Sekolah Dasar Negeri 7 Sesetan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1629–1638. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3174.

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190

Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47–56. https://doi.org/ijerr.v3i1.24245.g15098. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dharma, P. K. S., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Multimedia Online pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 115–123. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32164. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32164

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Elizar, E. (2019). Pembelajaran Terpadu dan Urgensinya dalam Pengembangan Karakter Anak Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 17(2), 1–12. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i2.35. DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v17i2.35

Famaney, H. S., & Wardani, N. S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Daring Siswa Kelas V SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 455–465. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1316. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1316

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasiona, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221–225. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262

Ichsan, F. N. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 281–300. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.399. DOI: https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.399

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Made, N., Sari, A., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Development of Interactive E-Module Based on Human Digestive System Material Inquiry on Theme 3 About Healthy Foods for Fifth Grade Elementary School. Indonesian Journal of Educational Research Adn Review, 5(1), 54–62. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.33297

Magdalena, I., Kauniyah, N., & Nurfalah, K. (2021). Metode dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN Dangdeur 1. Pandawa, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i1.997. DOI: https://doi.org/10.58578/arzusin.v1i1.114

Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653–2663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1301. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1301

Nafi’a, M. Z. I., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 272–281. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p272.

Oktaviani, N. M., & Wulandari, I. (2021). Implementasi Standar Penilaian dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 4(1), 77–86. https://doi.org/10.35724/musjpe.v4i1.3892. DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v4i1.3892

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022

Rosidah, C. T., Amelia Widya Hanindita, Ida Sulistyawati, & Apri Irianto. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Kanigara, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3154. DOI: https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3154

Rosmarlina, R., Tahir, M., & Ermiana, I. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 32 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 187–191. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.451. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.451

Rozie, F. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3863.

Samosir, E. C. M., Manalu, B. M., & Anggeria, E. (2021). Pengaruh pemberian terapi relaksasi otot progresif terhadap stres psikososial keluarga pasien COVID-19. Jurnal Keperawatan, 19(1), 1–9. https://doi.org/10.35874/jkp.v19i1.836. DOI: https://doi.org/10.35874/jkp.v19i1.836

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1137 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1137

Sari, N. A., & Yuniastuti, Y. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Sari, R. I. P. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1).

Sintya, Y. R., Sutadji, E., & Djatmika, E. T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1105. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905

Siregar, P. S., Marta, E., Efendi, R., Hasrijal, H., & Sari, N. T. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Pencapaian Standar Proses Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 540–551. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1858. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1858

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1614. DOI: https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1614

Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal Ikatan Alumni (IKA) Universitas Pendidikan Ganesha, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Development of Character Education-Oriented Learning Video Media. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Downloads

Published

2022-04-13

How to Cite

Dewi, N. K. A. A., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia Interaktif Ceria pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 72–80. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46150

Issue

Section

Articles