Media Video Animasi yang Layak dan Efektif Diterapkan dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Authors

  • I Gusti Ngurah Angga Putra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Video Animasi, IPA, Sekolah Dasar

Abstract

Penggunaan media pembelajaran masih kurang dikarenakan kurangnya pemahaman guru mengenai penggunaan teknologi khususnya pembuatan video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran video animasi yang efektif digunakan khususnya pada muatan pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli rancang bangun memperoleh skor 92,50% (sangat baik), validasi ahli materi pembelajaran memperoleh skor 90,00% (sangat baik), validasi ahli desain instruksional memperoleh skor 88,30% (sangat baik), validasi ahli media pembelajaran memperoleh skor 92,30% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh 89,20% (sangat baik), uji coba kelompok kecil memperoleh skor 93,00% (sangat baik). Pengujian efektivitas produk diperoleh terdapat pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar IPA. Diperoleh simpulan bahwa video animasi layak dan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran IPA materi manfaat energi matahari pada siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini memberikan motivasi bagi guru-guru di sekolah untuk menerapkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di sekolah.

Published

2024-04-26

How to Cite

Putra, I. G. N. A., Kristiantari, M. G. R. ., & Wiarta, I. W. . (2024). Media Video Animasi yang Layak dan Efektif Diterapkan dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/74473

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)